Jokowi Minta Pedagang Pasar Ikan Modern Muara Baru Pakai Seragam Setiap Hari

Jokowi menginginkan PIM Muara Baru menjadi percontohan untuk pembangunan pasar ikan serupa di provinsi lain.

Jokowi Minta Pedagang Pasar Ikan Modern Muara Baru Pakai Seragam Setiap Hari
TribunJakarta/Satrio Sarwo Trengginas
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru yang berlokasi di kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman (PPSNZ), Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (13/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta para pedagang di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru untuk memakai seragam khas setiap harinya.

Hal itu ia sampaikan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, selesai meresmikan PIM Muara Baru, Rabu (13/3/2019).

"Saya nanti minta kepada Bu Susi semua pedagang pasar pakai seragam. Setiap hari pakai seragam. Biar kelihatan bersihnya," kata Jokowi di PIM Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

Jokowi meminta hal itu supaya tak hanya pembenahan fisik saja yang terjadi di pasar ikan tersebut, tapi juga pembenahan perilaku pedagang terutama soal kebersihan.

Jokowi mengatakan, ada perbedaan signifikan yang dirasakannya setelah berkeliling ke kios basah PIM Muara Baru.

Menurut dia, pasar ikan lama yang juga ada di kawasan itu cenderung bau dan kotor. Sekarang, kata Jokowi, pasar ikan di Muara Baru sudah jauh lebih baik.

"Kan saya membandingkan sebelumnya, saya nggak sekali dua kali ke sini, dulu bau, becek nggak bisa pake sepatu biasa kayak gini. Di dalam pasti nggak nyaman," kata Jokowi kepada wartawan.

"Sekarang bangunan yang super modern seperti ini memang harus ya. Ini sebetulnya Pasar Ikan Modern ke depan untuk seluruh provinsi, ini dipakai sebagai contoh," lanjut Jokowi.

Jokowi menginginkan PIM Muara Baru menjadi percontohan untuk pembangunan pasar ikan serupa di provinsi lain.

Anies Baswedan Sebut Pasar Ikan Modern Hadiah Besar Bagi Warga Jakarta

Camat Tambora Berencana Adakan Pertandingan Futsal Antar PPSU Kelurahan

Fasilitas berstandar internasional yang ada di PIM Muara Baru, kata Jokowi, mesti dicontoh untuk pembangunan ke depannya.

"Jadinya (contoh) pembangunan di provinsi-provinsi lain, termasuk fasilitas di dalamnya. Fasilitas food courtnya, cold storagenya, untuk sanitasinya, semuanya itu standar yang memang kita ambil standar internasional," tandasnya.

Untuk diketahui, PIM Muara Baru merupakan proyek milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dikelola oleh Perum Perindo.

PIM Muara Baru dibangun dengan dana APBN 2018 sebesar Rp150 miliar. Bangunan berlantai tiga ini dibangun pada Februari 2018 oleh BUMN kontraktor PT PP (Persero) Tbk.

PIM Muara Baru terdiri dari 894 lapak di kios basah (wet market) dan 155 lapak di kios kering (dry market). Fasilitas lain yang terdapat di PIM yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPALI), klinik, ATM, ruang pertemuan, dan masjid.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved