Indekos yang Longsor di Kelurahan Bidaracina Bekas Tempat Pembuangan Sampah

Satu indekos dan rumah di RW 06 Kelurahan Bidaracina, Jatinegara longsor pada Minggu (17/3/2019) sekira pukul 01.15 WIB.

Indekos yang Longsor di Kelurahan Bidaracina Bekas Tempat Pembuangan Sampah
TribunJakarta.com/Bima Putra
Kondisi indekos yang longsor di Kelurahan Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (18/3/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Satu indekos dan rumah di RW 06 Kelurahan Bidaracina, Jatinegara longsor pada Minggu (17/3/2019) sekira pukul 01.15 WIB.

Longsor diduga karena akibat kondisi tanah yang tidak padat karena merupakan tanah urukan.

Noce (40), satu warga RW 06 menduga tanah yang diuruk warga sekitar tahun 1980-an itu tak mampu menopang beban bangunan indekos yang terdiri dari dua lantai sehingga longsor.

"Yang kosan ini dulunya tempat pembuangan sampah, puluhan tahun jadi tempat pembuangan sampah untuk warga sekitar. Jadi tanahnya gembur, enggak padat. Apalagi ini di bantaran Kali Ciliwung," kata Noce di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (18/3/2019).

Kondisi indekos yang longsor di Kelurahan Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (18/3/2019)
Kondisi indekos yang longsor di Kelurahan Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (18/3/2019) (TribunJakarta.com/Bima Putra)

Menurut Noce, letak indekos yang berada di cekungan Kali Ciliwung juga memperburuk kondisi tanah karena arus menghantam bagian pondasi indekos.

Ketiadaan turap yang melindungi permukiman warga di wilayah RW 06 Kelurahan Bidaracina kian memperburuk kondisi karena terkikis air.

"Memang enggak ada turapnya, jadi langsung pondasi rumah. Kata yang nge-kos sih dari beberapa bulan lalu memang bagian bawahnya sudah retak, ada lubang juga. Indekos ini sudah lama, puluhan tahun lah," ujarnya.

Noce menyebut rumah yang bertetangga dengan indekos ikut terdampak karena longsor tak hanya merusak lantai dasar indekos, tapi juga lantai dua.

Namun beda dengan indekos yang sudah tak dapat lagi dihuni lantaran retak, rumah yang bertetangga dengan indekos masih dapat dihuni karena hanya bagian dapur yang terdampak.

"Kalau yang kosan ini sudah enggak bisa ditinggali, retaknya sampai lantai dua. Lantai bawahnya sudah miring ke Kali, lantai atasnya sudah retak. Sudah enggak bisa dipakai lagi ini," tuturnya.

Kasi Pemerintahan Kelurahan Bidaracina Iskandar mengatakan penanganan yang dilakukan sejauh ini hanya memangkas pohon yang bercokol dekat indekos dan ambruk tertimpa longsor.

Dua Orang Dikabarkan Masih Tertimbun Longsor Tebing di Bantul

Berdiri di Bibir Kali Ciliwung, Indekos dan Rumah di Kelurahan Bidaracina, Jakarta Timur Longsor

Sejak kemarin, personel PPSU Kelurahan Bidaracina memangkas pohon agar tak menambah sampah di Kali Ciliwung dan memudahkan proses evakuasi puing bangunan.

"Dari kemarin PPSU sudah menangkat pohon yang tertimpa puing. Tapi untuk penanganan puingnya kita belum tahu, masih menunggu bagaimana arahan dari Dinas Sumber Daya Air," ucap Iskandar.

Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved