Ikut Lomba Hati PKK Tingkat Kelurahan, RW 03 Tanjung Priok Berharap Warga Kurangi Konsumsi Obat

Kunkun menyebutkan dengan mengonsumsi tanaman obat, bisa dijadikan obat herbal yang tidak memiliki efek samping.

TRIBUNJAKARTA.COM/AFRIYANI GANIS
Hatinya PKK RW 03 Kelurahan Tanujung Priok, yang berlokasi di Jalan Bahari IV samping SMPN 55 Jakarta. Selasa (19/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis 

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - RW 03 Tanjung Priok memanfaatkan tembok dan sebagian lahan depan rumah warga untuk dipercantik dan ditanami tanaman obat keluarga atau yang sering disebut tanaman toga.

Ketua RW 03 Kelurahan Tanjung Priok, Kunkun Surya Lesmana mengatakan, adanya kegiatan tersebut merupakan bagian dari Hati PKK.

"Ini merupakan kegiatan Hati PKK yang terdiri dari tanaman toga atau obat. Ini juga termasuk dalam lomba tingkat kelurahan, yang mengikutinya, merupakan RW 03, 05 dan RW 11," kata Kunkun pada wartawan tribunJakarta.com saat ditemui di Kantor RW 03, Selasa (19/3/2019).

Disebutkannya, kegiatan tersebut dihasilkan dari kerja sama antara masyarakat, karang taruna dan Pokja 3.

"Kita upayakan juga supaya warga mengetahui apa saja tumbuhan yang berkhasiat. Mengenalkan berbagai tanaman obat yang bisa menjadi alternatif dibanding mengosumsi Obat-obatan lainnya," ujarnya.

Kunkun menyebutkan dengan mengonsumsi tanaman obat, bisa dijadikan obat herbal yang tidak memiliki efek samping.

Selain itu, warga masyarakat yang tidak tahu beberapa tanaman liar juga merupakan tanaman obat yang bisa dimanfaatkan dengan khasiat yang luar biasa.

"Kita harapkan warga masyarakat bisa lebih aktif lagi, tingkatkan jenis tanaman obat yang ada. Jadi tidak perlu susah mendapatkan obat. Seperti alternatif obat kanker kan ada daun kebo-keboan nanti akan diadakan. Karena banyak sekali tanaman obat yang bisa dimanfaatkan," katanya.

Pantauan wartawan tribunjakarta.com di lokasi, kegiatan menanam tanamanobat ini juga membuat lingkungan RW 02 semakin indah, bisa memberi edukasi mengenai tanaman obat, warga juga menjadi guyub satu dengan lainnya.

Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved