Pembangunan Saluran Air dan Penambahan PJU Dominasi Usulan Musrenbang Kelurahan Ciracas

204 dari 215 usulan warga Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur dalam Musrembang untuk kegiatan tahun 2020 usulan fisik.

Pembangunan Saluran Air dan Penambahan PJU Dominasi Usulan Musrenbang Kelurahan Ciracas
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Lurah Ciracas Rikia Marwan di kantor Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Sebanyak 204 dari 215 usulan warga Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur dalam Musrenbang untuk kegiatan tahun 2020 merupakan usulan terkait kegiatan fisik atau peningkatan sarana dan prasarana warga.

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengatakan usulan pembangunan dan perawatan saluran air serta penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalan lingkungan mendominasi usulan warga.

"Yang paling banyak diusulkan warga dalam Musrenbang terkait masalah saluran air dan lampu di jalan lingkungan. Kegiatan lain seperti pembangunan lapangan olahraga ada, tapi enggak banyak," kata Rikia di kantor Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2019).

Menurutnya selain kegiatan terkait masalah saluran air dan PJU di permukiman warga Kelurahan Ciracas, tak ada kegiatan yang bersifat mendesak dalam usulan Musrenbang yang nantinya masuk dalam RPJMD.

Bila seluruh usulan kegiatan untuk pelaksanaan tahun 2020 itu disetujui, total dana yang dibutuhkan guna membiayai 215 kegiatan sekitar Rp 47 miliar.

"Selain masalah saluran air dan PJU enggak ada kegiatan yang sifatnya mendesak. Saluran air banyak diusulkan karena ada beberapa titik genangan air yang sering muncul saat hujan," ujarnya.

Dinas Bina Marga DKI Jakarta Gunakan Aspal Karet di Jalan Layang Pesing

Pedagang Berharap Harga Sewa Kios Rusunawa di Pasar Rumput Terjangkau

Genangan air, lanjut Rikia banyak terdapat di wilayah RW 06 dan RW 10 dengan ketinggian air sekira 10 hingga 20 sentimeter dan surut dalam waktu satu jam.

Meski 93 personel PPSU Kelurahan Ciracas rutin membersihkan saluran air, namun sempitnya sejumlah saluran air dan tumpukan sampah yang kerap muncul menyebabkan genangan air.

"PPSU Kelurahan rutin membersihkan saluran air, tapi tetap muncul genangan. Makannya kita mengajukan kegiatan melebarkan saluran air. Pengaspalan juga diusulkan karena genangan merusak jalan lingkungan," tuturnya.

Sebagai informasi, Kelurahan Ciracas terdiri dari 10 RW dan 142 RT dengan penduduk sekitar 70 ribu jiwa atau merupakan satu Kelurahan terpadat di Kecamatan Ciracas.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved