Breaking News:

Pengamat Sebut Survei Litbang Kompas Masih Kukuhkan Jokowi-Amin Ungguli Prabowo-Sandi

Pengamat politik Ray Rangkuti menilai survei Litbang Kompas makin mengukuhkan pasangan nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin

wow.tribunnews.com
Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto 

TRIBUNJAKARTA.COM - Pengamat politik Ray Rangkuti menilai survei Litbang Kompas makin mengukuhkan pasangan nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin masih tetap unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Hanya memang varian keunggulannya berbeda-beda. Tapi secara umum masih di angka 2 digit," ujar Ray Rangkuti kepada Tribunnews.com, Kamis (21/3/2019).

Survei terbaru yang dilakukan Litbang Kompas pada 22 Februari 2019 - 5 Maret 2019 menunjukkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf berada di angka 49,7 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 37,4 persen.

Menurut Ray Rangkuti, penentunya ada di undicided voter yang jumlahnya mencapai 13,4 persen.

Lebih lanjut dia melihat ada ada beberapa kebijakan Capres petahana Jokowi yang memang membuat hati pemilih agak ragu. Salah satunya, dan yang paling mencolok adalah isu dwi fungsi TNI.

Sejurus dengan itu, menurut dia, penangkapan Robertus Robert memberi pukulan yang lumayan mengejutkan, khususnya bagi pemilih dari kalangan akademisi dan aktivis.

"Ada suasana yang terasa kurang memberi rasa nyaman datang dari capres 01. Bayangan kelam kebebasan yang akan kembali seperti masa lalu justru bergayut di 01," ucapnya.

Merpati Kolong, Hiburan Rakyat yang Masih Digemari Masyarakat

Bank Sampah Induk Gesit Mampu Raup Omzet Rp 80 Juta Dalam Sebulan

"Sesuatu yang membuat pemilih muda, akademisi, para aktivis mulai menunda untuk menyatakan terhadap salah satu capres. Dan bisa jadi itu salah satu penyumbang tidak bergeraknya suara 01," jelasnya.

Survei terbaru yang dilakukan Litbang Kompas pada 22 Februari 2019 - 5 Maret 2019 menunjukkan, jarak elektabilitas antara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, semakin tipis.

Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf berada di angka 49,7 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 37,4 persen.

Halaman
12
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved