Pileg 2019

3 Celag DPRD Kota Bekasi Dicoret KPU: Ini Penjelasannya

"Ada tiga caleg yang meninggal dunia, secara otomatis caleg tersebut TMS, itu langsung kita buat berita acara perubahan DCT (Daftar Calon Tetap),"

3 Celag DPRD Kota Bekasi Dicoret KPU: Ini Penjelasannya
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni di kantor KPU Kota Bekasi, Jalan Ir Juanda Bekasi Timur. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi memastikan telah mencoret tiga nama calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Bekasi pada pemilu 2019.

Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni mengatakan, tiga caleg yang dicoret namanya merupakan calon yang sudah tidak memenuhi syarat (TMS) dalam hal ini meninggal dunia.

"Ada tiga caleg yang meninggal dunia, secara otomatis caleg tersebut TMS, itu langsung kita buat berita acara perubahan DCT (Daftar Calon Tetap), setelah itu kita lakukan pencoretan dan diteruskan ke KPU RI untuk penghapusan," kata Nurul Sumarheni di kantor KPU Kota Bekasi, Jumat, (22/3/2019).

Ketiga caleg DPRD Kota Bekasi yang meninggal dunia dan namanya sudah dicoret KPU dari daftar pemilih tetap yakni La Ode Muhammad Agus dari Partai Amanan Nasional (PAN) daerah pemilihan (dapil) III Kota Bekasi, Rai Suryadi dari Partai Perindo dapil V, dan Wawan Ridwanullah dari Partai PDI Perjuangan dapil I.

Adapun untuk nama caleg yang meninggal dunia kata Nurul, pada kolom surat suara ada yang namanya masih tertera dan ada yang sudah dikosongkan. Hal ini menyusul pada saat pengiriman nama caleg sudah terlanjut dikirim ke percetakan surat suara.

"Untuk yang namanya di surat suara dipastikan sudah dikosongkan itu baru satu Pak La Ode, sedangkan dua nama yang menyusul itu nanti akan ada tanda dan kita informasikan ke petugas TPS bahwa dua nama itu caleg yang sudah tidak memenuhi syarat (meninggal dunia)," jelas dia.

Pemilihan legislatif (Pileg) di Kota Bekasi diikuti 695 orang, nama-nama caleg tersenut sudah ditetapkan sebagai DCT. Namun setelah tiga nama dipastikan meninggal dunia, jumlahnya berkurang menjadi 692 orang.

Siti Bugiah Ingin Jokowi Jadi Penumpang di Taksinya: Biar Beliau Tahu Cara Saya Atasi Macet

Mobil Mercynya Dipersoalkan Ibunda Nana, Bella Luna Heran: Kenapa Diungkit-ungkit Mobil Pribadi

Dangdut Koplo Mendunia, Via Vallen Sabet Penghargaan Internasional di Rusia

Untuk Pileg tingkat Kabupaten/kota 2019, KPU Kota Bekasi menetapkan enam daerah pemilihan (Dapil). 692 caleg nantinya akan memperebutkan 50 kursi DPRD Kota Bekasi.

Dapil I terdiri dari Kecamatan Bekasi Selatan dan Bekasi Timur jumlah kursi yang tersedia sebanyak sembilan kursi, dapil II Kecamatan Bekasi Utara dengan jumlah tujuh kursi.

Dapil III Kecamatan Bantargebang, Mustikajaya, dan Rawalumbu sebanyak 10 kursi, dapil IV Kecamatan Jatisampurna dan Jatiasih sebanyak tujuh kursi.

Dapil V Kecamatan Pondokgede dan Pondokmelati, sebanyak delapan kursi, dan dapil VI Kecamatan Bekasi Barat dan Medansatria sebanyak sembilan kursi.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved