Pemilu 2019

KPU Kota Bekasi Akui Pengangkutan Surat Suara Menggunakan Truk Terbuka Bentuk Kelalaian

"Peristiwa kemarin murni kelalaian dari petugas di lapangan tapi tentu saja saya sebagai pimpinan mereka bertanggung jawab atas kejadian itu," katanya

KPU Kota Bekasi Akui Pengangkutan Surat Suara Menggunakan Truk Terbuka Bentuk Kelalaian
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni di kantor KPU Kota Bekasi, Jalan Ir Juanda Bekasi Timur. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mengakui insiden pengangkutan surat suara menggunakan truk terbuka merupakan bentuk kelalaian.

Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni, mengatakan, sebelum kejadian itu, ia sempat menginstruksikan petugasnya agar melakukan proses pengiriman logistik secara hati-hati.

Meski menggunakan truk terbuka kata Nurul, ia telah berpesan agar pengangkutan dilakukan dengan cara ditutup terpal dan pada badan truk dilapisi agar meminimalisir resiko keruaakan surat suara saat pengiriman dari GOR Bekasi tempat pelipatan ke gudang penyimpanan di Aren Jaya Bekasi Timur.

"Peristiwa kemarin murni kelalaian dari petugas di lapangan, tapi tentu saja saya sebagai pimpinan mereka bertanggung jawab atas kejadian itu," kata Nurul di Kantor KPU Kota Bekasi, Jumat, (22/3/2019).

KPU Kota Bekasi juga menjamin pengiriman surat suara menggunakan truk terbukan tetap terjaga dengan baik. Insiden ini juga akan jadi bahan evaluasi pihaknya agar tidak mengulangi kembali.

"Kejadian ini jadi koreksi dan evaluasi bersama dari tim logistik untuk tidak terulang lagi kejadian seperti itu kemudian apalagi menimbulkan kegaduhan di masyarakat," jelas dia.

Untuk pengiriman surat suara menggunakan truk terbuka itu merupakan yang pertama. Sebelumnya, pengiriman dilakukan menggunakan mobil box tertutup serta dilakukan pengawalan oleh pihak kepolisian.

"Peristiwa kemarin jadi satu-satunya pengiriman dengan menggunakan truk terbuka karena yang sebelumnya kami sudah memindahkan satu juta lebih surat suara ke gudang Duren Jaya tidak ada masalah karena kami menggunakan mobil box tertutup dan pengawalan," jelas dia.

Sebelumnya, beredar video pengangkutan logistik surat suara Pemilu 2019 diangkut menggunakan truk terbuka dan tanpa pengawalan satupun dari pihak kepolisian. Kejadian itu terjadi di Kota Bekasi, tepatnya pada, Selasa, (19/3/2019) lalu.

Dalam video tersebut, surat suara diangkut menggunakan truk berwarna merah tanpa penutup atap, di dalamnya terdapat 68 ribu surat suara DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil VIII yang sudah terlipat dan dikemas ke dalam kantung plastik bening.

Surat Suara Pemilu di Kota Bekasi Diangkut Menggunakan Truk Terbuka, KPU Membenarkan

Jokowi Ditemani Iriana Menjajal MRT, Disambut Nyanyian Warga Hingga Terima Keluhan Kaum Difabel

Istri Keluar dari Kamar Mandi dengan Teman, Suami Kalap Karena Dijawab Maaf Aku Salah

Parahnya lagi, truk yang mengangkut surat suara itu melintas di jalan raya tanpa pengawalan satupun dari pihak kepolisian. Pengiriman surat suara itu dilakukan dari lokasi pelipatan Surat Suara di GOR Bekasi menuju gudang penyimpanan KPU di Duren Jaya Bekasi Timur.

Alasan KPU Kota Bekasi menggunakan truk terbukan lantaran pada saat itu, pihaknya harus segera memindahkan surat suara karena keterbatasan ruang di GOR Bekasi yang tidak mencukupi.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved