Pemilu 2019

Surat Suara Pilpres 2019 Belum Tiba di Kota Bekasi, KPU Putar Otak Atur Waktu Proses Sortir Lipat

"Kalau dari jadwal pengiriman baru dilakukan 30 Maret 2019, tapi itu mepet ya, sedangkan kita perlu waktu juga buat proses sortir lipat," kata Nurul

Surat Suara Pilpres 2019 Belum Tiba di Kota Bekasi, KPU Putar Otak Atur Waktu Proses Sortir Lipat
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi sampai hari ini belum menerima kiriman surat suara untuk pemilihan presiden (Pilpres). Padahal, Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 hanya tinggal menyisahkan 26 hari lagi.

Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni, mengatakan, sampai saat ini, pihaknya belum menerima kapan pastinya surat suara Pilpres dapat diterima. Namun berdasarkan jadwal, surat suara baru akan dikirim 30 Maret 2019 mendatang.

"Kalau dari jadwal pengiriman baru dilakukan 30 Maret 2019, tapi itu mepet ya, sedangkan kita perlu waktu juga buat proses sortir lipat," kata Nurul Sumarheni di kantor KPU Kota Bekasi, Jumat, (22/3/2019).

Sejauh ini kata dia, surat suara yang sudah diterima dan telah dilakukan proses sortir lipat yakni surat sura DPRD Kota Bekasi, DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil VIII, DPR-RI Dapil VI, dan DPD-RI.

Surat suara dikirim dari percetakan secara bertahap, pertama kali tiba pada Senin, 4 Maret 2019 dan terakhir, surat suara yang baru diterima KPU Kota Bekasi, pada Selasa, 19 Maret 2019.

"Belum tahu, kita dapet jadwal tanggal 30 Maret 2019, sampai sekarang belum ada informasi lagi apakah akam dikirim lebih cepat atau sesuai jadwal, tapi kita pengennya dikirim lebih cepat," ungkap Nurul Sumarheni.

Jika nantinya pengiriman surat suara benar-benar dilakukan pada 30 Maret 2019, KPU Kota Bekasi otomatis harus memutar otak untuk mengejar waktu proses penyortiran dan pelipatan. Sebab, satu minggu sebelum 17 April 2019, logistik pemilu harus didistribusikan ke Kecamatan untuk selanjutnya diteruskan ke TPS.

"Kita harus mengerahkan banyak orang, rencananya nanti Senin, (25/3), kita juga mau buat shift malam (untuk proses pekerjaan sortir lipat)," ungkapnya.

GOR Voli di kompleks GOR Bekasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan, tempat penyimpanan logistik surat suara pemilu 2019.
GOR Voli di kompleks GOR Bekasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan, tempat penyimpanan logistik surat suara pemilu 2019. (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

Personil penyortiran dan pelipatan surat suara nantinya akan ditambah sebanyak 100 orang. Mereka akan dipekerjakan khusus untuk shift malam.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved