Breaking News:

Bertemu Direktur Eksekutif C40, Anies Bahas Rencana Pembangunan Jakarta Kota Ramah Lingkungan

melalui kerja sama dengan C40 Cities Climate Leadership Group, Pemprov DKI Jakarta akan memulai proses penyusunan ICAP.

TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima Direktur Eksekutif C40 Cities Climate Leadership Group, Mark Watts, yang sedang berkunjung ke Jakarta, di kantor Balaikota, Jumat (29/3/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja membahas rencana pembangunan Jakarta sebagai kota yang ramah lingkungan.

Rencana tersebut disampaikan Anies bersama dengan Direktur Eksekutif C40 Cities Climate Leadership Group, Mark Watts, yang sedang berkunjung ke Jakarta, di kantor Balai Kota, Jumat (29/3/2019).

"Jakarta, memiliki tantangan masalah lingkungan yang tidak kecil. Langkah yang kita akan lakukan itu menyangkut pengendalian emisi. Mulai dari kendaraan bermotor dan kegiatan-kegiatan perekonomian," kata Anies, Jumat (29/3/2019).

Anies menjelaskan, melalui kerja sama dengan C40 Cities Climate Leadership Group, Pemprov DKI Jakarta akan memulai proses penyusunan Inclusive Climate Action Plan (ICAP) yang merangkum serangkaian aksi mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim.

Sebab, menurut Direktur Eksekutif C40, Mark Watts, Jakarta merupakan salah satu kota metropolis yang paling rentan di dunia terhadap dampak perubahan iklim. Pemanasan global, kata Mark telah mengakibatkan peningkatan curah hujan dan bentuk cuaca ekstrem, yang berujung pada banjir dan kenaikan air laut.

"Jadi pertemuan pagi hari ini membahas tentang rencana besar untuk Jakarta menjadi kota yang ramah lingkungan dan kota yang seluruh kegiatannya diorientasikan pada pelestarian," kata Anies Baswedan.

Ribuan Pelayat Iringi Prosesi Pemakaman Pemilik Masjid Kubah Emas Depok

Sudinkes Jakbar Sebut Ada Penurunan Kasus DBD pada Maret 2019

Aksi mitigasi atau pengurangan emisi tersebut, akan difokuskan pada beberapa sektor. Mulai dari transportasi, produksi dan konsumsi energi, bangunan hijau, serta pengelolaan sampah.

Sementara untuk aksi adaptasi sendiri, akan menitikberatkan kesiapan kota dan warganya dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

Menurut data yang diperoleh dari beragam aksi mitigasi yang dilaksanakan sepanjang tahun 2017, menunjukkan capaian reduksi emisi sebesar 7,8 juta ton CO2e, atau sebesar 22 persen dari target Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di tahun 2030.

Ia pun sempat menyinggung dengan rencana PT Transportasi Jakarta ( Transjakarta) yang akan menghadirkan bus listrik ramah lingkungan untuk segera mengaspal di jalan Ibu Kota.

"Insya Allah kita akan memulai Transjakarta dengan kendaraan berbasis listrik. Jadi bus-bus TJ akan menggunakan listrik. Harapannya nanti kendaraan umum lainnya pemerintah bisa membasiskan dari listrik," pungkas Anies.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved