Buruh Dapat Subsidi Transportasi Gratis Lewat Kartu Pekerja, Tak Berlaku untuk MRT

program subsidi transportasi gratis yang didukung dengan kartu pekerja, sejauh ini hanya berlaku untuk TransJakarta saja.

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memberikan program subsidi pangan murah yang diperuntukan bagi para Buruh di lingkungan DKI Jakarta yang berpenghasilan sekitar UMP melalui kartu pekerja.

Selain dapat dibelanjakan kebutuhan pangan dengan harga murah, kartu pekerja juga bisa digunakan untuk naik transportasi gratis dengan Transjakarta.

Namun apakah subsidi transportasi gratis ini juga akan berlaku untuk MRT?

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (disnakertrans) DKI Jakarta Andri Yansyah, mengakui belum ada pembahasan mengenai perencanaan tersebut. 

Menurutnya, program subsidi transportasi gratis yang didukung dengan kartu pekerja, sejauh ini hanya berlaku untuk TransJakarta saja.

Dirinya pun mengaku tak paham dengan skema tarif yang diberlakukan untuk MRT Jakarta.

"Untuk sementara ini, baru TransJakarta aja. Kartu pekerja belum bisa untuk MRT. Kalau masalah biaya MRT, saya belum paham cara perhitungannya seperti apa," kata Andri saat dikonfirmasi, Minggu (31/3/2019).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, telah membagikan kartu pekerja pada para buruh di Ibu Kota.

Hal ini, untuk menekan biaya kehidupan sehari-hari yang biasa dikeluarkan para pekerja.

Khususnya untuk biaya pangan dan transportasi

Kendati demikian, Gubernur DKI Jakarta memaparkan sedang membuat kajian mengenai skema pembayaran tarif MRT Jakarta yang mulai beroperasi secara komersial pada 1 April 2019 besok.

Meski enggan membeberkan secara detail soal perencanaan skema pembayaran tersebut, ia menyebut akan membuat peraturan khusus bagi penumpang MRT dengan ketentuan-ketentuan tertentu berdasarkan tingkat kebutuhannya.

"Kalau sudah terintegrasi, pengguna akan bisa perlakukan dengan kebutuhan. Misalnya pelajar, lansia, buruh, banyak sekmen masyarakat akan dapat perlakuan khusus. Karena mereka menggunakan transportasi kita bukan untuk kegiatan produksi secara ekonomi, tapi emang mobilitas mereka. Nah yang gunakan untuk kegiatan ekonomi ada nilai tambah," kata Anies.

"Ada sekemanya dimana MRT akan ada masa kita akan berikan diskon. Tapi pengumumannya nanti, kalau sudah lengkap dulu," katanya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved