49 Jalan di Kota Bekasi Ini Rawan Terjadi Genangan saat Hujan Turun

Wakil Kepala Satgas BPBD Kota Bekasi, Karsono mengatakan, 49 titik jalan rawan genangan itu terdapat di hampir seluruh wilayah Kota Bekasi

49 Jalan di Kota Bekasi Ini Rawan Terjadi Genangan saat Hujan Turun
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Ruas Jalan Raya Pondok Gede dekat Plaza Pondok Gede tergenang usai hujan lebat yang terjadi pada Minggu, (31/3/2019) lalu. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mencatat ada sedikitnya 49 titik jalan yang rawan terjadi genangan saat hujan di wilayah setempat.

Wakil Kepala Satgas BPBD Kota Bekasi, Karsono mengatakan, 49 titik jalan rawan genangan itu terdapat di hampir seluruh wilayah Kota Bekasi seperti di sejumlah jalan protokol dan jalan perumahan atau jalan lingkungan.

"Kalau di jalan protokol itu seperti di Jenderal Ahmad Yani, di Jalan Jenderal Sudirman dekat Perumnas 1, Jalan KH Noer Ali Kalimalang kolong tol JORR, Jalan Ir Juanda dekat kantor BRI, Jalan KH Agus Salim, kemudian di Jalan Raya Jatiasih dekat pom bensin, serta di Jalan Raya Pondok Gede dekat Plaza Pondok Gede," kata Karsono, Selasa, (2/4/2019).

Karsono menjelaskan, faktor penyebab timbulnya genangan terutama di jalan-jalan protokol disebabkan sistem drainase yang belum berfungsi secara maksimal. Apalagi kata dia jika huja turun dengan intensitas lebat dan waktu yang lama, bisa dipastikan genangan akan muncul.

2 Sukses Arsenal: Benamkan Newcastle dan Tendang Manchester United dari Zona Liga Champions

Netizen Nyinyir Karena Inul Terpeleset di Panggung, Sang Biduan Berikan Komentar Pedas

"Drainase yang ada tidak berjalan maksimal mungkin juga ada hambatan seperti sampah yang membuat air sulit mengalir, untuk ketinggian genangannya sekitar 20-30 sentimeter," jelas dia.

Adapun ketika terjadi genangan, kondisi lalu lintas juga akan terganggu, untuk waktu surut, Karsono mengatakan terdapat sejumlah ruas jalan yang mudah surut jika terjadi genangan adapula yang membutuhkan waktu lama.

"Rata-rata si cepat surut ya asal tidak hujan lagi ketika genangan terjadi, satu atau dua jam sudah surut," ungkapnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved