Pemkot Jakbar Terima Masukan Penyandang Disabilitas Saat Kampanye Penggunaan Ubin Pemandu

Pemkot Jakbar akan melakukan evaluasi terhadap temuan penyandang disabilitas, yang terlibat dalam kegiatan Kampanye Penggunaan Ubin Pemandu.

Pemkot Jakbar Terima Masukan Penyandang Disabilitas Saat Kampanye Penggunaan Ubin Pemandu
TribunJakarta.com/Leo Permana
Sekko Jakarta Barat, Eldi Andi bersama rekan-rekan penyandang disabilitas, relawan serta jajarannya saat berfoto bersama di Kantor Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (2/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Leo Permana

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBON JERUK - Pemerintah Kota Jakarta Barat akan melakukan evaluasi terhadap temuan atau masukan dari rekan penyandang disabilitas, yang terlibat dalam kegiatan Kampanye Penggunaan Ubin Pemandu, Selasa (2/4/2019).

Sekko Jakarta Barat, Eldi Andi yang ikut dalam kegiatan itu melihat ada sejumlah tempat yang perlu diperbaiki.

"Saya melihat tadi di sana masih ada juga tempat-tempat yang memang kita perlu perbaiki, di antaranya ada tempat semacam tembok atau yang itu membahayakan terhadap mereka ketika berjalan," kata Eldi saat ditemui di Kebon Jeruk, Selasa (2/4/2019).

Ia juga melihat ada juga pembatas-pembatas yang perlu nanti pihaknya evaluasi.

"Tadi juga didampingi dari Satpel Sudis Binamarga, memang yang mengerjakan pedestrian adalah Binamarga sehingga mereka nyaman jalannya," ujarnya.

Eldi menyampaikan dari hasil evaluasi itu harus ditindak lanjuti, demi kenyamanan mereka para penyandang disabilitas.

"Karena pedestrian ini juga tidak hanya dinikmati oleh masyarakat yang memang kondisinya normal, tetapi penyandang disabilitas juga harus diberikan kenyamanan," ungkapnya.

"Karena kota inklusif adalah kota yang bisa dimanfaatkan semua warga. Apakah dia warga yang kondisinya seperti kita, ada juga penyandang disabilitas," tambahnya.

Sekedar informasi, pada Selasa (2/4/2019) dilakukan kegiatan kampanye penggunaan ubin pemandu, yang diinspirasi oleh GAUN (Gerakan Aksesbilitas Umum Nasional).

Panduan Penggunaan Ubin Pemandu yang Diperuntukkan Bagi Penyandang Disabilitas

Sri Maningsih Akui Fasilitas Ubin Pemandu Banyak Membantu Aktivitasnya

Kegiatan ini serentak dilakukan di lima wilayah kota, di antaranya wilayah Jakarta Barat.

Untuk di Jakbar, dilaksanakan mulai Kantor Kecamatan Kebon Jeruk, kemudian melalui Jalan Lapangan Bola, kemudian belok ke Jalan Panjang sampai ke samping RCTI.

Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 60 disabilitas netra, kemudian 40 ragam disabilitas, dan 50 relawan, termasuk dari jajaran Pemkot Jakarta Barat, serta perwakilan Polsek dan Danramil.

Penulis: Leo Permana
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved