Petugas MRT Jakarta Bakal Foto Orang yang Kedapatan Buang Sampah Sembarangan hingga Denda Rp500 Ribu

Menurut Kamaluddin, foto viral tersebut diambil pada 31 Maret 2019 lalu saat MRT Jakarta menjalani ujicoba publik hari terakhir.

Petugas MRT Jakarta Bakal Foto Orang yang Kedapatan Buang Sampah Sembarangan hingga Denda Rp500 Ribu
ISTIMEWA
Foto viral yang memperlihatkan banyaknya sampah di depan stasiun MRT Bundaran HI 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - PT MRT Jakarta menyoroti kebiasaan membuang sampah di fasilitas umum, terutama di lingkungan sekitar Stasiun MRT.

Sebab, baru beberapa pekan MRT Jakarta dibuka untuk publik lewat ujicobanya, sudah beredar foto viral di sosial media yang memperlihatkan kondisi memprihatinkan di salah satu stasiun MRT.

Dalam foto tersebut tampak banyak sekali sampah-sampah yang berserakan di pintu masuk Stasiun MRT Bundaran HI.

Kini, MRT Jakarta secara tegas mengatakan akan memberlakukan denda bagi masyarakat yang kedapatan buang sampah sembarangan.

"Kami tegaskan, sekarang kalau ada yang kedapatan buang sampah sembarangan kami langsung foto orangnya. Oleh pegawai keamanan kami, kemudian kami foto KTP nya dan ada denda Rp 500 ribu. Ini udah keputusan bersama dengan Pemprov DKI ada perdanya," kata Coorporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhammmad Kamaluddin, Selasa (2/4/2019).

Menurut Kamaluddin, foto viral tersebut diambil pada 31 Maret 2019 lalu saat MRT Jakarta menjalani ujicoba publik hari terakhir.

Saking padatnya penumpang di hari itu, masyarakat yang antre kerap membuang sampah begitusaja saat hendak memasuki kawasan Stasiun.

"Jadi ketika mereka ngantri itu sampahnya dibuang di bawah kaki aja dan (sampah) baru kelihatan setelah kepadatan terurai. Jadi petugas kami baru membersihkan setelah penumpukan penumpang menghilang Tapi sebetulnya di dekat situ ada tempat sampah," kata Kamaluddin.

Kepada wartawan, ia menyampaikan agar masyarakat tertib dan disiplin dalam menjaga kebersihan di lingkungan MRT Jakarta.

Nantinya, para penumpang yang kedapatan buang sampah sembarangan akan difoto oleh para petugas keamanan dan berujung kepada denda yang sudah ditentukan.

"Nanti saya foto nih, ada (petugas) di setiap entrance. Terutama yang viral itu kita pasang peringatan denda Rp 500 ribu yang buang sampah sembarangan," katanya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved