Ubin Pemandu Trotoar di Jakarta Utara Diuji Kelompok Disabilitas

Menurut Syamsuddin, fasilitas yang sama direncanakan akan dibangun di kecamatan dan kelurahan.

Ubin Pemandu Trotoar di Jakarta Utara Diuji Kelompok Disabilitas
TribunJakarta/Afriyani Garnis
Puluhan disabilitas sedang mencoba ubin pemandu trotoar di Jalan Yos Sudarso tepat di depan kantor Walikota Jakarta Utara, Senin (2/4/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis 

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Ubin pemandu merupakan bagian dari fasilitas umum yang menjadi bagian dari trotoar dan diperuntukkan untuk penyandang berkebutuhan khusus (disabilitas).

Pemerintah Kota Jakarta Utara memastikan disabilitas mendapatkan hak setara. Salah satunya dengan menyediakan ubin pemandu pada sejumlah fasilitas umum seperti trotoar.

Wali Kota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau mengatakan, trotoar pada sejumlah ruas jalan protokol dan lingkungan sudah ramah disabilitas.

Hal itu bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman bagi penyandang berkebutuhan khusus untuk dapat menikmati fasilitas umum.

"Tujuannya yang pasti menyetarakan hak semua orang. Untuk itu kita membangun trotoar yang ramah disabilitas," kata Syamsuddin Lologau saat melepas regu barisan aksi kampanye menyusuri ubin pemandu, di Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (2/4/2019).

Syamsuddin menghimbau warga agar tidak menggunakan  trotoar untuk kepentingan pribadi seperti berjualan dan parkir kendaraan.

Ditegaskannya, trotoar hanya diperuntukan bagi pejalan kaki, baik menuju tempat tujuan maupun yang hendak menaiki transportasi umum.

Aksi penyusuran ubin pemandu trotoar dimulai dari Jalan Yos Sudarso, tepatnya di depan Kantor Walikota Jakarta Utara menuju Pasar Ular Permai hingga terminal Tanjung Priok.

Puluhan disabilitas berjalan kaki dengan memanfaatkan ubin pemandu tersebut

Menurut Syamsuddin, fasilitas yang sama direncanakan akan dibangun di kecamatan dan kelurahan.

"Sejumlah kantor pemerintahan seperti walikota, kecamatan dan kelurahan yang sedang direncanakan untuk memberikan fasilitas lebih bagi penyandang berkebutuhan khusus ini,” Ucapnya.

Malaysia Open 2019 Langsung di TVRI Siang Ini: 9 Wakil Indonesia Main, Statistik dan Live Streaming

2 Sukses Arsenal: Benamkan Newcastle dan Tendang Manchester United dari Zona Liga Champions

7 Fakta Banjir Bandang Bandung: Tembok Sekolah Jebol hingga Postingan Oded Jadi Sorotan

Sementara Koordinator Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional (GAUN) Jakarta Utara, April menjelaskan, ubin pemandu sangat bermanfaat terutama bagi tuna netra untuk mengakses perjalanannya.

Diharapkan trotar di Jakarta Utara semakin berstardar dengan keberadaan ubin pemandu yang terbebas dari halangan, seperti tiang listrik, pot bunga, pedagang kaki lima (PKL) dan parkir kendaraan.

“Diharapkan seluruh fasilitas umum di Jakarta Utara dapat difasiltasi akses disabilitas. Tidak hanya trotoar tapi juga akses menuju kantor pemerintahan, taman dan akses transportasi umum,” katanya.

Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved