Warga Klender Tewas Tertimpa Pohon, Pemkot Jaktim Bakal Data Pohon yang Rawan Tumbang

Anwar menuturkan pendataan bakal dilakukan bertahap mulai dari tingkat setiap Kecamatan guna mencegah bertambahnya korban jiwa dan kerugian lainnya.

Warga Klender Tewas Tertimpa Pohon, Pemkot Jaktim Bakal Data Pohon yang Rawan Tumbang
Istimewa/Lurah Pasar Baru
Pohon tumbang yang menutupi jalan di Jalan Katedral pada Jumat (25/1/2019) pagi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Wali Kota Jakarta Timur M Anwar meminta Suku Dinas Pertamanan dan Kehutanan Jakarta Timur segera mendata kondisi seluruh pohon yang suda berusia tua atau berpotensi rawan tumbang.

Intruksi disampaikan usai meninjau lokasi Suyatno (54), pengemudi mobil Grand Max berpelat B 9370 TAG yang tewas tertimpa pohon angsana di Jalan Dermaga Raya pada Selasa (2/4/2019) sekira pukul 15.30 WIB.

"Saya imbau agar Sudin Pertamanan meneliti pohon-pohon di Jakarta Timur yang membahayakan, atau faktor usia yang sudah tua, agar segera ditopping atau tanam baru," kata Anwar di Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (2/4/2019).

Anwar menuturkan pendataan bakal dilakukan bertahap mulai dari tingkat setiap Kecamatan guna mencegah bertambahnya korban jiwa dan kerugian lainnya.

Pendataan difokuskan di lima dari 10 Kecamatan yang Kecamatan Ciracas, Pasar Rebo, Makasar, Cipayung, dan Kramat Jati merupakan wilayah paling rawan pohon tumbang dan longsor.

"Jadi bertahap ya, mulai dari tingkat Satpel di kecamatan. Kalau memang umurnya sudah tua, ya ditopping, jangan sampai ada korban lain, nanti menimpa rumah atau kendaraan," ujarnya.

Dia mengaku ikut berdukacita atas musibah yang menimpa Suyatno, warga RW 09 Kelurahan Klender, Duren Sawit yang terjadi saat hujan deras disertai angin kencang sedang melanda.

Cepatnya kejadian tak memberi waktu Suyatno yang melaju dari arah Buaran ke Klender menyelamatkan diri sehingga tewas saat berhasil dievakuasi sekira pukul 17.45 WIB.

Roma (56), satu warga setempat mengatakan pohon Angsana berdiameter sekitar 90 sentimeter itu ikut menimpa satu mobil box yang terparkir tepat di sisi kiri mobil Suyatno.

"Ada mobil box yang kena, karena lagi nurunin barang. Karena ketahan mobil box itu kabel listrik enggak putus, mungkin kalo enggak ada mobil box kabel listriknya putus," tutur Roma.

Besarnya ukuran pohon Angsana membuat arus lalu lintas di Jalan Dermaga Raya macet total dan baru lancar sekira pukul 19.00 WIB.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved