Breaking News:

Anies Salahkan PT Adhi Karya Soal Genangan di Pancoran dan Cawang: Saya Beri Peringatan Keras

Menurut Anies Baswedan, saat ini PT Adhi Karya sendiri belum menyediakan pompa permanen secara cukup.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Pebby Ade Liana
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Kamis (4/4/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, CAWANG - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beri peringatan keras kepada pihak kontraktor proyek Lintas Raya Terpadu (LRT) yakni PT Adhi Karya terkait dengan adanya genangan yang terjadi di sekitar Pancoran dan Cawang saat hujan deras mengguyur Ibukota.

Sebab, orang nomor satu di Ibu kota ini menyebut bahwa salah satu penyebab terjadinya genangan itu ialah saluran air di wilayah sekitar telah tertutup oleh pilar-pilar pembangunan PT Adhi Karya.

"Saya berikan peringatan keras kepada mereka, bahwa pihak Adhi Karya harus bertanggung jawab. Tahun lalu sudah terjadi di tempat ini, yang di MT Haryono, mereka sudah koreksi dengan menyiapkan pompa permanen, sekarang pompanya permanen. Setiap volume hujan tinggi tempat itu tidak tergenang lagi," kata Anies di kawasan Cawang Jakarta Timur, Kamis (4/4/2019).

Menurut Anies Baswedan, saat ini PT Adhi Karya sendiri belum menyediakan pompa permanen secara cukup.

Sehingga, saat hujan deras mulai mengguyur Ibu kota air-air yang seharusnya mengalir ke saluran air, belum bisa mengalir dengan baik.

Apalagi saluran tersebut masih tertutup dengan pilar pembangunan.

PT Adhi Karya sendiri, mengklaim bahwa pihaknya telah memasang pompa yang dibutuhkan. Namun, lanjut Anies pompa tersebut masih berupa pompa mobile yang dipasang saat banjir sudah terjadi.

"Menurut mereka sudah dipasang pompa, pompa mobile. Pompa mobile itu kita sudah tau pasti pas banjir baru dikirim pompanya. Kalo pompanya permanen, pasti dia begitu ada aliran, genangan air, langsung bergerak.
Kalau pompanya mobile, maka pasti terlambat, dan itu yang terjadi," ungkap Anies.

Sebagai informasi, sebelumnya telah terjadi sejumlah genangan di beberapa titik saat hujan deras mulai mengguyur Ibu kota Jakarta.

Beberapa titik tersebut diantaranya adalah Jalan DI Panjaitan, Cawang, Jakarta Timur, hingga sekitar Pancoran Jakarta Selatan.

Sekda Tangerang Gaet Milenial Ramaikan Pasar Modal

RTH di Cipinang Melayu Dijadikan Tempat Bermain Anak-Anak

TKN Jokowi-Maruf Sebut ABS Adalah Asal Bowo Senang, Jubir BPN Langsung Bantah Begini

Mengenai hal itu, Mantan Mendikbud ini menegaskan akan mengawasi sekaligus memantau PT Adhi Karya dalam melakukan koreksi sekaligus melakukan tindakan-tindakan antisipasi agar genangan air tak lagi terjadi di lokasi-lokasi pembangunan kontruksi.

"Mereka akan lakukan koreksi. Jadi saya kira kita akan pantau, dan saya minta Adhi Karya untik lebih cepat di dalam mengantisipasi. Ini semua ada di amdal ketika menyusun amdal, itu ada kewajiban untuk mereka menyiapkan semua instrumen mencegah banjir," tegas Anies.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved