Contohkan Bensu, Bekraf Imbau Pelaku UMKM Tangerang Segera Daftarkan Hak Kekayaan Intelektual

BEKRAF Indonesia mengimbau kepada seluruh pelaku usaha mikro di Tangerang untuk segera melakukan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Contohkan Bensu, Bekraf Imbau Pelaku UMKM Tangerang Segera Daftarkan Hak Kekayaan Intelektual
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Sosialisasi dan fasilitasi pendaftaran HKI di bidang ekonomi kreatif di Novotel Tangerang, Kamis (4/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia mengimbau kepada seluruh pelaku usaha mikro di Tangerang untuk segera melakukan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi BEKRAF, Ari Juliano Gema mengatakan bahwa HKI bukan hanya sekedar status namun sebagai pengamanan nama unit usaha masyarakat.

Ia mencontohkan sebuah merk Bensu yang dimiliki oleh seorang artis tersohor tanah air yang memejahijaukan sebuah rumah makan yang mempunyai nama sama di Bandung.

"Jadi Bensu artis yang ayam geprek ini sudah memohon-mohon agar HKI ini bisa diberikan kepada dia, namun tidak bisa karena ada Bensu sebelumnya di Bandung jualan susu juga akhirnya dibawa pengadilan karena hak cipta. Jadi bahaya," jelas Ari di Novotel Tangerang, Kamis (4/4/2019).

Untuk mencegah hal semacam itu terjadi di Tangerang, BEKRAF memfasilitasi penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Tangerang untuk mencetak HKI.

Sebanyak 80 pelaku ekonomi kreatif yang terdiri dari 30 pelaku UMKM binaan, dan 50 pelaku ekonomi kreatif Kota Tangerang yang tergabung dalam komunitas akan mendapatkan HKI di Bidang Ekonomi Kreatif.

Pemberian HKI yang diikuti 100 peserta itu akan secara cuma-cuma alias gratis.

"Kita akan fasilitasi pelaku UMKM Kota Tangerang untuk memperoleh HKI di bidang ekonomi kreatif. Mulai dari tahapan pendaftaran, biaya pendaftaran hingga ke Kementerian Hukum dan HAM difasilitasi BEKRAF," terang Ari.

Ari menjelaskan, sosialisasi yang diselenggarakan atas kerjasama Deputi Fasilitasi HKI BEKRAF dan Regulasi Badan Ekonomi Kreatif Indonesia dengan Badan Pengelola Usaha Universitas Sebelas Maret Surakarta ini menekankan pentingnya HKI untuk pelaku UMKM.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved