Cuaca Membaik, Kunjungan Wisatawan ke Kepulauan Seribu Kembali Meningkat

Pemkab Kepulauan Seribu juga memastikan akan terus berupaya membenahi kepariwisataan di pulau permukiman maupun pulau resort.

Cuaca Membaik, Kunjungan Wisatawan ke Kepulauan Seribu Kembali Meningkat
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Kepulauan Seribu 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KEPULAUAN SERIBU - Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu meningkat sejak awal tahun 2019.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, peningkatan jumlah wisatawan terjadi selama tiga bulan belakangan.

"Kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara sudah kembali memilih Kepulauan Seribu untuk berlibur. Tercatat pada Januari jumlahnya mencapai 10 ribu, Februari 15 ribu dan Maret 35 ribu," kata Cucu, Jumat (5/4/2019).

Seperti diketahui, pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 22 Desember 2018-3 Januari 2019 lalu, kunjungan wisatawan ke wilayah Kepulauan Seribu hanya mencapai angka 18 ribu-an.

Jumlah itu menurun drastis dari jumlah wisatawan di periode yang sama di tahun 2017/2018, di mana angkanya mencapai 40 ribu orang.

Penurunan terjadi karena dampak dari bencana tsunami di wilayah Banten dan Lampung yang terjadi 22 Desember 2018 lalu.

Tak sedikit wisatawan yang membatalkan kunjungan mereka setelah BMKG mengimbau masyarakat menjauhi pantai setelah bencana tersebut terjadi.

Adapun peningkatan jumlah wisatawan selama 3 bulan terakhir terjadi karena beberapa faktor.

Wali Kota Jakarta Pusat Dijadwalkan Hadiri Malam Final Pemilihan Abang dan None 2019

TNI AU Terkait Jet Prabowo Saat Lepas Landas: Bukan Dihalangi Jet Tempur Tapi Menunggu Wings Air

Akhirnya Menang Lawan Greysia/Apriyani, Ini Ungkapan Bahagia Ketut/Rizki

"Itu karena membaiknya cuaca, dukungan publikasi, dan promosi media yang membangun citra positif dan kepercayaan publik. Serta penyataan pejabat BNPB dan BMKG yang menyatakan Kepulauan Seribu aman untuk dikunjungi," jelas Cucu.

Beberapa faktor tersebut menjadi angin segar bagi pariwisata di Kepulauan Seribu. Bahkan, pada libur nasional tanggal 3 April kemarin, jumlah dalam sehari mencapai 1.220 orang.

Dengan jumlah wisatawan berangsur-angsur meningkat Pemkab Kepulauan Seribu juga memastikan akan terus berupaya membenahi kepariwisataan di pulau permukiman maupun pulau resort.

"Kami akan terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan agar berdampak terhadap sektor perekonomian warga, misalnya melalui event-event yang diyakini dapat mengundang wisatawan untuk datang ke Kepulauan Seribu, seperti festival musik reggae bulan lalu," tandas Cucu.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved