Sukseskan Pemilu 2019, Pelayanan Dukcapil Jakarta Utara Dibuka Sabtu-Minggu

Dukcapil Jakarta Utara membuka pelayanan pada Sabtu dan Minggu selama dua pekan.

TribunJakarta.com/Afriyani Garnis
Proses perekaman KTP-E di Duscakpil Jakarta Utara. Sabtu (6/4/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara membuka pelayanan pada Sabtu dan Minggu selama dua pekan.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019) mendatang.

Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Utara, Erik Polim mengatakan, pelayanan kependudukan pada kedua hari tersebut berdasarkan Surat Edaran Nomor 16/SE/2019 Tentang Percepatan Perekaman KTP Elektronik, yang ditandatangani Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Dhany Sukma.

Pelayanan digelar di setiap kantor kelurahan selama dua pekan berturut-turut, yakni pada pekan pertama 6 dan 7 April 2019, dan pada pekan kedua 13 dan 14 April 2019.

"Pelayanan ini ada di setiap kantor kelurahan (31 kelurahan). Mulai Pukul 08.00 WIB-11.00 WIB," kata Erik, Sabtu (6/4/2019).

Dibukanya pelayanan tambahan ini agar warga yang tidak bisa mendatangi pelayanan kependudukan pada hari Senin hingga Jumat bisa menyambangi Duscakpil pada Sabtu dan Minggu.

Jenis pelayanan yang diberikan berupa, perekaman, pencetakan, dan pendistribusian Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

"Pelayanan ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap suksesnya Pemilu 2019. Karena salah satu persyaratan warga untuk mendapatkan hak pilih yaitu KTP-E. Jadi kita ingin warga yang memenuhi syarat memilih mendapatkan hak pilihnya," katanya.

Kepala Seksi Pendaftaran Penduduk Sudin Dukcapil Jakarta Utara Sri Supriantoro menerangkan, hingga Jumat (5/4/2019), masih terdapat 3.271 keping KTP-E yang belum terdistribusikan kepada pemilik.

Intip Cara Mudah Cek Nama di DPT Pemilu 2019 Lewat Ponsel

PPATK Belum Temukan Indikasi Transaksi Mencurigakan Parpol Jelang Pemilu 2019

Sejumlah upaya telah dilakukan petugas mulai dari membuka pelayanan tambahan, door to door ke setiap rumah, menjalin koordinasi dengan lurah, RT/RW, hingga bergabung dalam berbagai kegiatan masyarakat.

"Dengan adanya pelayanan Sabtu-Minggu ini kami harapkan warga yang belum melakukan perekaman dan distribusi KTP-E dapat mendatangi kantor kelurahan masing-masing," ucapnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved