Tingkatkan Potensi Wisata, Ratusan Karyawan Hotel dan Restoran Kota Tangerang Uji Kompetensi

Sachrudin mengatakan uji kompetensi diharapkan mampu menambah profesionalisme dan etos kerja dari karyawan khususnya di bidang pariwisata.

Tingkatkan Potensi Wisata, Ratusan Karyawan Hotel dan Restoran Kota Tangerang Uji Kompetensi
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
275 karyawan hotel dan restoran se-Kota Tangerang ikut uji sertifikasi Sektor Pariwisata Bidang Hotel dan Restoran, di Hotel Golden Tulip Essential, Sabtu (6/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Sebagai kota yang layak dikunjungi, Kota Tangerang terus berkembang dengan meningkatkan potensi wisata yang ada melalui hotel dan restoran baik dari segi pelayanan, fasilitas, hingga Sumber Daya Manusianya.

Sebanyak 275 karyawan hotel dan restoran se-Kota Tangerang turut ambil bagian dalam kegiatan sertifikasi melalui Fasilitasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang Hotel dan Restoran, di Hotel Golden Tulip Essential.

Sertifikasi tersebut diselenggarakan atas kerjasama Asdep Pengembangan SDM dan Hubungan Antar Lembaga Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Hospitality Cakrawala Indonesia.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin mengatakan uji kompetensi diharapkan mampu menambah profesionalisme dan etos kerja dari karyawan khususnya di bidang pariwisata.

"Kalau mereka profesional akan berdampak juga pada peningkatan kesejahteraan dari pengusaha hotel dan restoran serta pegawainya sendiri," ucap Sachrudin, Sabtu (6/4/2019).

Menurutnya, Kota Tangerang yang telah melaksanakan sertifikasi uji kompetensi di bidang pariwisata untuk ketiga kalinya ini.

Hal tersebut, kata Sachrudin untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahunnya.

"Tahun 2018 PAD kita 322 miliar rupiah, untuk targetnya tahun ini semoga bisa mencapai 360 milyar rupiah," kata dia.

Intip Koleksi Terbaru Sepatu Wakai dengan Teknik Sulam Kain Boro Khas Jepang

Aksi Dua Pemuda Curi Motor Tetangga di Tambora Terekam CCTV

Polres Pelabuhan Tanjung Priok Ajak Seribu Nelayan Kerja Bakti

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rina Hernaningsih menjelaskan, uji kompetensi sangat diperlukan agar pengusaha perhotelan dan restoran dapat bersaing secara profesional.

"Saya berharap mereka lulus semua dengan skill yang dimiliki masing-masing, karena kalau mereka sudah punya sertifikat bisa bekerja bahkan ke internasional, karena sertifikat ini berlaku juga di luar negeri," jelas Rina.

Disbudpar pun mendukung penuh berbagai event kepariwisataan di Kota Tangerang, guna meningkatkan kunjungan wisatawan yang akan berdapak pada pendapatan bagi hotel dan restoran.

"Terdekat ini ada event Festival Cisadane dan Festival Budaya kemudian ada Culinary Night setiap bulannya, seluruh event akan kita dukung penuh bekerjasama dengan hotel dan restoran," tutup Rina.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved