Ini Bacaan Niat dan Cara Membayar Utang Puasa Ramadan bagi Orang yang Batal karena Sakit

Utang puasa ramadan hukumnya wajib untuk dibayarkan bagi umat muslim, termasuk bagi orang yang sakit, sehingga tidak mampu lagi berpuasa.

Ini Bacaan Niat dan Cara Membayar Utang Puasa Ramadan bagi Orang yang Batal karena Sakit
TribunSolo
Ilustrasi Berdoa 

TRIBUNJAKARTA.COM - Utang puasa ramadan hukumnya wajib untuk dibayarkan bagi umat muslim, termasuk bagi orang yang sakit, sehingga tidak mampu lagi berpuasa.

Seseorang yang sakit, diperbolehkan membatalkan puasa, untuk pengobatan.

Namun mereka wajib meng-qadhanya  (menggantinya) dengan puasa di lain hari, jika sudah sehat.

Puasa Ramadan 2019 jatuh pada bulan Mei 2019, yang artinya sebentar lagi.

Utang puasa tahun lalu wajib dilunasi sebelum Ramadan 2019 tiba.

Dilansir oleh TribunWow.com, Senin (18/3/2019), hukum membayar utang puasa tertuang dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 183-184.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ){183}
أَيَّامًا مَّعْدُودَاتٍ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةُ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرُُ لَّهُ وَأَن تَصُومُوا خَيْرُُ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ {184}

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

(Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu dia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain.

Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu), memberi makan seorang miskin.

Halaman
1234
Editor: Ilusi Insiroh
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved