Relawan Rakyat Jokowi Minta Presiden Buktikan Ucapan Pembebasan Lahan Ganti Untung Proyek LRT

Progres pembebasan lahan masih terkendala lantaran sebagian besar warga memilih bertahan dan enggan meninggal tempat tinggalnya.

Relawan Rakyat Jokowi Minta Presiden Buktikan Ucapan Pembebasan Lahan Ganti Untung Proyek LRT
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Warga Kampung Jati Terbit Kelurahan Jatimulya Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, TAMBUN SELATAN - Warga Kampung Jati Terbit, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi meminta Presiden Joko Widodo membuktikan ucapannya terkait pembebasan lahan yang akan digunakan sebagai Proyek Strategis Nasional diberikan ganti untung bukan ganti rugi.

Kampung Jati Terbit yang terletak di bantaran Kalimalang ini merupakan wilayah yang masuk dalam pembebasan lahan proyek pembanguan Depo Light Rail Transit ( LRT) Jabodebek.

Namun progres pembebasan lahan masih terkendala lantaran sebagian besar warga memilih bertahan dan enggan meninggal tempat tinggalnya.

Ketua Forum Komunikasi Warga Kampung Jati Terbit, Sondi Irwanto Silalahi mengatakan, warga meminta agar pemerintah dapat memberikan ganti yang layak terkait pembebasan lahan yang sudah puluhan tahun didiami warga.

Menyambangi 6 Stasiun LRT Fase I yang Belum Beroperasi

"Kami kepingin masyarakat di sini kan sudah melakukan semua proses yang diatur dalam perundang-undangan yang berlaku," kata Sondi, Minggu, (7/4/2019).

Sondi menambahkan, sejak 2017 lalu, lahan seluas 12 hektar di atasnya berdiri sebanyak kurang lebih 400 bidang bangunan dan dihuni skitar 300 kartu keluarga (KK) di Kampung Jati Terbit merupakan lahan status quo.

Bahkan pada 1993, warga telah mendapatkan keterangan hak penggunaan lahan sebagai garapan dari Desa Jatimulya yang saat ini telah menjadi Kelurahan Jatimulya.

Sejak saat itu, warga setiap tahunnya mendapatkan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang-Pajak Bumi Bangunan (SPPT-PBB).

"Kami ingin apa yang dikatakan pak Jokowi dibuktikan secara nyatalah di tengah-tengah masyarakat, bahwasannya kalau tanah masyarakat digunakan untuk kepentingan negara, masyarakat akan mendapatkan ganti untung, buktikan dong pak Jokowi," kata Sondi.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved