Pemilu 2019

Warga Tangerang yang Tidak Punya KTP Elektronik Tetap Bisa Mencoblos, ini Syaratnya

Namun, Ketua KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra mengatakan belasan ribu penduduk tersebut tetap dapat menyumbangkan hak suaranya pada Pemilu 2019.

Warga Tangerang yang Tidak Punya KTP Elektronik Tetap Bisa Mencoblos, ini Syaratnya
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Suasana pengajuan A5 di Kantor KPU Kota Tangerang, Rabu (10/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Warga Kota Tangerang yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik tetap bisa melakukan pencoblosan pada pada 17 April 2019 mendatang.

Sebab, data yang didapatkan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Banten, dari 1.742.604 penduduk Kota Tangerang sudah sebanyak 99,59 persen yang sudah melakukan perekaman KTP elektronik.

Dalam artian, dari data yang direkap sejak akhir Maret 2019 tersebut terdapat 5.312 penduduk Kota Tangerang belum melakukan perekaman KTP elektronik.

Namun, Ketua KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra mengatakan belasan ribu penduduk tersebut tetap dapat menyumbangkan hak suaranya pada Pemilu 2019.

Hari Terakhir Pendaftaran A5, Staf KPU dan Pemilih Kerepotan di Jakarta Pusat

"Kalau memang belum punya KTP elektronik bisa pakai Suket (surat keterangan) yang diterbitkan oleh Disdukcapil, itu atas keputusan MK yang kemarin. Lalu si pemohon harus sesuai dengan alamat TPS dan sesuai identitasnya," jelas Syailendra di kantor KPU Kota Tangerang, Rabu (10/4/2019).

Ia menerangkan, warga yang tidak mempunyai KTP elektronik bisa langsung membawa C6, KTP biasa, juga Suket yang dikeluarkan oleh Disdukcapil.

KPUD Jakarta Selatan Tunggu Surat Resmi Terkait Larangan Dirikan TPS di Asrama TNI/Polri

Bila tidak mempunyai KTP, bisa membawa kartu identitas lainnya seperti SIM, Kartu Keluarga dan lainnya saat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Misal lupa bawa dan tidak punya KTP elektronik, maka bisa pakai Suket dan boleh pakai identitas lain. Itu yang terdaftar di DPT, boleh dengan identitas lain misal KK, SIM dan lainnya. Tapi kalau yang belum terdaftar sama sekali itu harus menggunakan KTP atau Suket," jelas pria yang akrab disapa Indra itu.

Ia melanjutkan, pada hari ini merupakan hari terakhir pengajuan A5 di Kota Tangerang, walau lebih banyak dari hari biasanya namun tidak ada antrean yang berarti.

"Kalau saya belum dapat rekapan dari temen-temen terkait jumlah, tapi lumayan ada banyak karena kan yang diakomodir empat elemen seperti tahanan, yang sakit dan dirawat, musibah, dan bekerja saat hari pemungutan suara," kata Indra.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved