Piala Presiden 2019

Fanatisme Berujung Manis di Turnamen Pramusim Piala Presiden 2019

Fanatisme para suporter sepak bola di Indonesia dalam memberikan dukungan kepada klub kebanggaannya di sisi lapangan memang sudah tidak perlu diraguka

Fanatisme Berujung Manis di Turnamen Pramusim Piala Presiden 2019
Tribunnews/Abdul Majid
The Jakmania membuat koreografi dalam laga Persija Jakarta vs Persela Lamongan di SUGBK, Jakarta, Selasa (20/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Wahyu Septiana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Fanatisme para suporter sepak bola di Indonesia dalam memberikan dukungan kepada klub kebanggaannya di sisi lapangan memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Hampir setiap klub dari berbagai kota-kota besar di Indonesia mempunyai kelompok dan basis suporter besar dalam memberikan dukungan kepada tim kebangaannya berlaga di lapangan.

Sebut saja kelompok suporter The Jakmania, Bobotoh/Viking, Aremania, Bonek Mania, The Maczman, Smeck Medan, K-conk Mania, Singa Mania, Panser Biru, Brigata Curva Sud, dan kelompok suporter lainnya di Indonesia.

Nama-nama kelompok suporter tersebut tentunya sudah tidak asing didengar oleh publik sepak bola di Indonesia atau bahkan dunia.

Saking fanatiknya, beberapa kelompok suporter tersebut mampu menjadi pemberitaan media-media besar di luar Indonesia akibat hal positif dan juga negatif yang kerap ditunjukan di sisi lapangan.

Tak bisa dipungkiri, peran suporter dalam memberikan semangat dan dukungan kepada setiap tim berlaga di lapangan sangat dibutuhkan.

Kehadiran suporter di sisi lapangan tentunya bisa memberikan semangat tambahan kepada para pemain yang ada di lapangan.

Sebaliknya bagi tim tamu, kehadiran suporter tim tuan rumah tentunya akan membuat mental bertanding para pemain bisa terganggu saat bermain di lapangan.

Dalam beberapa tahun belakangan, peran suporter di sisi lapangan mulai mendapatkan apresiasi besar dari operator sebuah turnamen dan kompetisi di sepak bola Indonesia.

Halaman
1234
Penulis: Wahyu Septiana
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved