Anies Baswedan Sebut Jalan Utama di DKI Jakarta Sudah Bebas APK

sejumlah petugas Pemprov DKI Jakarta yang terdiri dari Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup, turut membantu Bawaslu dalam menurunkan APK

Anies Baswedan Sebut Jalan Utama di DKI Jakarta Sudah Bebas APK
TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Apel Siaga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Pemilu Tahun 2019 se-Provinsi DKI Jakarta di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pagi ini, Minggu (14/4/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim bahwa jalan protokol di wilayah Ibu Kota Jakarta kini sudah bebas dari Alat Peraga Kampanye (APK).

Hal ini diungkapkan Anies usai dirinya bercerita mengenai perjalanannya pada Minggu, dini hari yang berkeliling Jakarta guna memantau penertiban APK tersebut.

"Saya lewat itu jam 01.00 WIB, setengah dua pagi di beberapa wilayah itu Satpol PP, lalu dari Dinas Lingkungan Hidup, mereka membantu tugas yang sebetulnya Bawaslu lakukan. Saat ini jalan-jalan utama Insha Allah sudah mulai bersih, kemudian akan bergerak di wilayah lain," kata Anies di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019).

Anies mengatakan, sejumlah petugas Pemprov DKI Jakarta yang terdiri dari Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup, turut membantu Bawaslu dalam menurunkan APK pada masa minggu tenang ini.

Optimis dengan kesiapan DKI menyambut Pemilu 2019, ia pun memastikan bahwa pihaknya akan terus bahu membahu bekerja sama dalam persiapan Pemilu yang hanya tinggal menghitung hari.

"Jadi di lapangan kita siap bekerja bersama-sama. Saya berharap seluruh peserta pemilu bertanggung jawab membersihkan alat peraga yang selama ini mereka pasang," ungkapnya.

Sementara itu, saat ditemui di lokasi yang sama Ketua Bawaslu DKI Jakarta Jufri menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) yang sudah terpasang di seluruh wilayah Ibu Kota mulai tadi malam pukul 00.00 WIB.

Penertiban ini dilakukan dalam rangka menghadapi masa tenang Pemilu 2019, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pemilu.

"Semalam tepatnya pada pukul 00.00 WIB, kami dari Bawaslu bersama Satpol PP DKI sudah melakukan penertiban alat peraga sampai subuh. Alhamdulillah, setelah kita lewati pagi hari tadi dibeberapa jalan protokol itu sudah hampir semua diturunkan," kata Ketua Bawaslu DKI Jakarta Jufri saat ditemui di Lapangan Banteng, Minggu (14/4/2019).

Bawaslu Jakarta Timur Minta Peserta Pemilu Bantu Tertibkan APK

Bawaslu DKI: Jakarta Utara Jadi Kawasan Rawan Pelanggaran di Pemilu 2019

Petugas Turunkan 7.908 APK yang Terpasang di Kawasan Jagakarsa

Menghadapi minggu tenang jelang Pemilu 2019, Jufri mengatakan bahwa penurunan alat peraga kampanye akan dilakukan selama tiga hari hingga tanggal 16 April.

Namun, meski begitu ia memastikan bahwa kini sudah hampir seluruh wilayah Ibu kota telah bersih dari APK yang terpasang, apalagi di Jalan Protokol Ibu kota.

"Pokoknya sebagaimana diatur dalam undang-undang, masa tenang itukan selama tiga hari tanggal 14, 15, 16 maka kami akan melakukan penertiban selama tiga hari itu. dan kami upayakan itu secepat mungkin kalo hari ini selesai ya selesai" pungkasnya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved