Pemilu 2019

Ditemukan Surat Suara Sudah Tercoblos di TPS 65 Tangerang

Tercoblosnya surat suara tersebut pun sempat viral di media sosial yang menunjukan sudah bolongnya surat suara di nomor urut 01.

Ditemukan Surat Suara Sudah Tercoblos di TPS 65 Tangerang
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Surat suara yang sudah tercoblos di TPS 65, Kecamatan Cipondoh Makmur, Kota Tangerang, Rabu (17/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPONDOH - Sebuah Surat suara sudah tercoblos di kotak Capres dan Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo - Maruf Amin di Tangerang.

Insiden tersebut diketahui berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 65 oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), Kecamatan Cipondoh Makmur, Kota Tangerang, Rabu (17/4/2019).

Tercoblosnya surat suara tersebut pun sempat viral di media sosial yang menunjukan sudah bolongnya surat suara di nomor urut 01.

Anggota KPPS TPS 07, Habib mengatakan, kejadian terungkap sekira pukul 10.45 WIB saat pemilih hendak membuka surat suara tersebut.

"Iya ada cuma satu surat saja yang bolong, itu kami anggapnya surat suara rusak. Karena saat kami cek juga kecolongan sudah dicoblis bolong. Ini kelihatan," jelas Habib kepada TribunJakarta.com, Selasa (17/4/2019).

Adik Kakak Ini Kompak Mencoblos di Pemilu 17 April 2019, Tapi Belum Tentu Satu Pilihan

Hal tersebut pun dianggapnya sebuah kelalaian dari pusat karena terselip surat suara yang sudah tercoblos dan berada dalam lipatan.

Namun, Habib meyakinkan tidak ada surat suara lain yang ditemukan sudah tercoblos baik di kotak nomor urut 01 dan 02.

"Makanya ini kamu sortir ulang surat suara pas tahu ada yang sudah kecoblos," tandasnya.

Diketahui, surat suara yang berada di TPS 65 berjumlah 299 lembar dan rusak satu.

Sementara, ketua Bawaslu Kota Tangerang, Agus Muslim menyakinkan bawa jajarannya sudah menerima laporan bawah ada surat suara yang tercoblos di TPS 65.

"Iya sudah masuk laporannya dari Panwaslu kecamatan, bahwa ada surat suara yang sudah tercoblos. Hanya satu surat saja. Nanti akan kita inventalisir lagi supaya menjaga hak konstitusi pemilih," jelas Agus.

Diketahui, terdapat 5.056 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 13 kecamatan di Kota Tangerang ditambah 25 TPS di Lapas, dan 10 lagi di Bandara Soekarno-Hatta.

Sedangkan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Tangerang berjumlah 1.194.190 yang terbagi dari 597.456 DPT berjenis kelamin laki-laki dan 596.734 perempuan.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved