Breaking News:

Pilpres 2019

Kamu Berhak Dapat Uang Lembur Jika Masuk Kerja saat Hari Libur Pencoblosan, Simak Penjelasannya

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menegaskan bahwa para pekerja atau buruh yang bekerja pada hari dan tanggal pemungutan suara,

Editor: Ilusi Insiroh
TribunWow.com/Rusintha Mahayu
Ilustrasi Pemilu 2019. Masuk Kerja saat Hari Libur Pencoblosan? Kamu Berhak Dapat Uang Lembur, Ini Penjelasan Menaker 

TRIBUNJAKARTA.COM - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menegaskan bahwa para pekerja atau buruh yang bekerja pada hari dan tanggal pemungutan suara, berhak mendapatkan uang lembur.

Hal ini diungkapkan Hanif dalam Surat Edaran (SE) No 1 Tahun 2019 tentang hari libur bagi pekerja/ buruh pada pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum tahun 2019.

Surat edaran tertanggal 9 April 2019 itu ditujukan kepada para gubernur di seluruh Indonesia untuk dijadikan pedoman dan selanjutnya disampaikan kepada bupati/walikota serta pemangku kepentingan terkait di wilayahnya masing-masing.

Menteri Hanif mengatakan, surat edaran tersebut diterbitkan sehubungan dengan ditetapkannya Keputusan Presiden Nomor 10 tahun 2019 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 sebagai Hari Libur Nasional.

Ceritakan Pengalaman Tak Mengenakkannya Sepulang Ibadah Umrah, Ayu Ting Ting: Krunya Dianggap Ilegal

Dicandai Arie Untung Soal Masa Jabatan Presiden, Ekspresi Prabowo Buat Pendukungnya Terpingkal

Di dalam SE itu Menaker Hanif menegaskan bahwa pengusaha harus memberikan kesempatan kepada pekerja/buruh untuk melaksanakan hak pilihnya.

"Apabila pada hari dan tanggal pemungutan suara tersebut pekerja atau buruh harus bekerja, maka pengusaha mengatur waktu kerja agar mereka dapat menggunakan hak pilihnya," kata Hanif.

Para pekerja atau buruh yang bekerja pada hari dan tanggal pemungutan suara, lanjut Hanif, berhak atas upah kerja lembur dan hak-hak lainnya yang biasa diterima pekerja yang dipekerjakan pada hari libur resmi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2019 menetapkan bahwa Rabu tanggal 17 April 2019 sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan umum.

Hari dan tanggal yang dimaksud merupakan hari dan tanggal pemungutan suara Pemilu 2019.

Kriss Hatta Ditahan di Rutan Bulak Kapal, Hilda Vitria: Tadinya Gak Tega Laporin Dia

Dituding Langgar Kerjasama & Tak Serahkan Rp1 Miliar ke Manajemen, Baim Wong: Teguran Baik Bagi Kami

Surat edaran itu ditembuskan kepada Presiden Republik Indonesia, Wakil Presiden RI, Menteri Kabinet Kerja, Ketua Umum DPN Apindo serta Pimpinan Konfederasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resmi, Menaker Terbitkan Surat Edaran Hari Libur Pemilu 2019"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved