Breaking News:

Pemilu 2019

Cerita di Balik Penyelenggaraan Pesta Demokrasi, Tetesan Keringat Hingga Air Mata para Petugas KPPS

Syahrul rela berpeluh keringat dan menahan kantuk lantaran ingin menjadi bagian dari proses pesta demokrasi.

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Kondisi rumah duka Ketua KPPS 031 Bojong Rawalumbu Ismantara (53) yang meninggal dunia. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, PONDOK GEDE - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) merupakan elemen terpenting saat pemungutan suara Pemilu 17 April 2019 kemarin.

Di balik itu semua, cerita lelah menguras keringat hingga tetesan air mata terjadi usai penyelengaran pesta demokrasi.

Pemilu kali ini merupakan pertama dalam sejarah dilakukan serentak yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). Beban kerja yang menumpuk membuat proses penghitungan suara dilakukan hingga tak kenal jam kerja.

Banyak petugas KPPS baru rampung menyelesaikan penghitungan lima jenis surat suara di atas jam 1 malam. Bahkan tidak sedikit juga proses penghitungan dilakukan hingga menjelang subuh.

Proses panjang itu tentu menguras tenaga dan pikiran para petugas KPPS. Bahkan di Kota Bekasi, dua orang ketua KPPS dikabarkan meninggal dunia lantaran kecelakaan dan serangan jantung usai merampungkan tugas negara demi kelancaran Pemilu.

Syahrul Saleh KPPS 011, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi menceritakan pengalamannya menjadi bagian penting kelancaran Pemilu 2019. Di tempat ia bertugas, proses penghitungan suara baru benar-benar rampung sekitar pukul 04.00 WIB.

"Jam 4 subuh baru kelar hitung, kita rapihkan nulis berita acara, logistik abis itu langsung ke kelurahan," kata Syahrul.

Pria berusia 32 tahun ini mengaku tidak tidur selama dua malam. Hal itu dilakukan demi menjaga proses pemungutan suara berjalan lancar di wilayahnya.

"H-1 datang logistik udah sibuk siapin TPS, jagain pas malamnya enggak tidur, nah pas hari H juga enggak tidur karena hitung suara sampe subuh," kata Syahrul.

Halaman
123
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved