Breaking News:

Pemilu 2019

Pemilu di Jakarta Barat Diwarnai Tak Adanya Surat Suara Presiden Hingga Surat Suara DPRD Tertukar

Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jakarta Barat, Abdul Roup mengatakan kejadian itu ada di salah satu TPS di kawasan Kalideres

Istimewa
Pemilu 2019 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBON JERUK - Proses pemungutan suara di wilayah Jakarta Barat pada Rabu (17/4/2019) diwarnai tidak adanya surat suara pemilihan presiden di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jakarta Barat, Abdul Roup mengatakan kejadian itu ada di salah satu TPS di kawasan Kalideres, Jakarta Barat.

Abdul menyebut permasalahan tersebut dapat diatasi setelah KPPS di TPS itu melaporkan hal tersebut dan mengambil surat suara presiden dari TPS lain yang ada di sekitarnya.

"Jadi pas kotak suaranya dibuka itu ternyata kosong surat suara presidennya sehinggga KPPS meminta surat suara cadangan dari TPS di sekitarnya," kata Abdul saat ditemui di Bawaslu Jakarta Barat, Jalan Raya Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (19/4/2019).

Selain itu, kata Abdul, pada pemungutan suara lalu juga sempat diwarnai adanya surat suara tertukar yang terdapat di TPS 170 Kamal, Kalideres.

Dikatakannya, surat suara DPRD di TPS tersebut yang seharusnya dari dapil 9 yang meliputi Kecamatan Cengkareng, Kalideres, dan Tambora justru yang ada di TPS malah dari dapil 10 yang meliputi Kecamatan Palmerah, Tamansari, Grogol Petamburan, Kebon Jeruk dan Kembangan.

"Surat suara DPRD yang tertukar itu ada di TPS 170 Kamal. Tapi enggak semua surat suara yang tertukar hanya 58 suara saja," kata Abdul.

Abdul mengatakan lantaran surat suara tersebut telah tercoblos oleh pemilih, maka atas kesepakatan antara KPPS dengan para saksi dari masing-masing parpol yang ada di TPS itu suara tersebut tetap sah masuk untuk parpol.

Ketua PPK Gambir Ungkap Cerita Menyenangkan Selama Menjadi Panitia Pemilu

Viral Anak Terjepit Eskalator di Baywalk Mall Pluit, Ini Kronologinya

Camat Taman Sari Sebut Wilayahnya Kondusif, Tidak Ada Aksi Euforia Kemenangan Paslon Presiden

"Surat suara dinyatakan masuk ke suara partai karena sudah disepakati oleh KPPS dan saksi parpol," kata Abdul.

Saat ini, Abdul mengatakan pihaknya saat ini juga tengah meminta klarifikasi dari KPPS di TPS 103 Kalideres lantaran tidak memberikan salinan C1 atau form rekapitulasi hasil penghitungan suara di TPS kepada pengawas TPS.

"Sekarang masih dalam proses pemeriksaan kenapa itu bisa terjadi," katanya.

Kendati demikian, Abdul menyebut tidak ada dugaan kecurangan atau pelanggaran kategori berat yang ditemukan di wilayah Jakarta Barat yang berpotensi diadakannya pemungutan suara ulang.

"Di Jakarta Barat sampai saat ini belum ada indikasi akan adanya pemungutan ulang," kata Abdul.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved