Rekapitulasi Suara Kecamatan Ciracas Bisa Sampai Pukul 23.30 WIB

PPK Ciracas terus mengejar target rekapitulasi suara hingga tak jarang melewati pukul 22.30 WIB atau target berakhirnya waktu

Rekapitulasi Suara Kecamatan Ciracas Bisa Sampai Pukul 23.30 WIB
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Gor PKP Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (21/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - KPU RI mentarget rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kecamatan di seluruh Indonesia beres dalam waktu 17 hari setelah pencoblosan atau berakhir pada Sabtu (4/5/2019) mendatang.

Tenggat waktu tersebut cukup bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk merampungkan rekapitulasi suara sebelum dibawa ke rekapitulasi tingkat masing-masing kota dan kabupaten.

Menanggapi target tersebut, Ketua PPK Ciracas Suherti mengaku optimis dapat memenuhi target karena rekapitulasi yang dimulai pukul 08.30 WIB hingga 22.30 WIB sejauh ini berjalan mulus tanpa hambatan berarti.

"Waktu hari pertama rekapitulasi memang terasa lama, mungkin karena belum ketemu ritmenya. Tapi sekarang sudah lebih baik, saksi dari partai juga kooperatif," kata Suherti di Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (21/4/2019).

Karena KPU membatasi pembagian kelas di rekapitulasi tingkat kecamatan hanya empat, Suherti mengaku permohonan menambah satu kelas yang diusulkan PPK Ciracas ditolak.

Di hari keempat, PPK Ciracas baru melakukan rekapitulasi suara Kelurahan Rambutan yang sesuai dengan kesepakatan antara PPK, PPS, dan seluruh mandat saksi dari partai.

"Untuk Kelurahan Rambutan baru mulai hari ini, tapi untuk Kelurahan Ciracas, Susukan, Kelapa Dua Wetan, dan Cibubur sudah mulai dicicil. Jumlah TPS di Kecamatan Ciracas ada 758," ujarnya.

Dengan jumlah pemilih sebanyak 216.308, Suherti mengaku proses rekapitulasi bukan hal mudah, terlebih bila antara salinan C1 dari kotak suara tak sesuai dengan yang dipegang para saksi.

Bila tak sama, PPK terpaksa harus melihat C1 asli yang memiliki hologram guna memastikan perolehan peserta Pemilu 2019 yang akurat.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved