Pemilu 2019

Partisipasi Pemilih di Pemungutan Suara Lanjutan di Bekasi Turun

"Ada 100 orang yang datang, 97 orang adalah DPT, tuga orangnya adalah DPK (Daftar Pemilih Khusus)," kata Purwoyo.

Partisipasi Pemilih di Pemungutan Suara Lanjutan di Bekasi Turun
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Pemungutan suara lanjutan di TPS 166 Arenjaya Bekasi, Minggu (21/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Partisipasi pemilih dalam menggunakan hak suaranya di pemungutan suara lanjutan terbilang cukup kecil. Seperti yang terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 166 Kelurahan Arenjaya Bekasi, dan TPS 242 Kelurahan Kaliabang Tengah Bekasi.

Dua TPS tersebut menggelar pemungutan suara ulang pada, Minggu (21/4/2019) kemarin. Masing-masing menggelar pemungutan suara diantaranya TPS 166 untuk DPD RI sedangkan TPS 242 untuk DPRD Provinsi Jawa Barat.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 166 Purwoyo mengatakan, saat pemungutan suara lanjutan, jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya hanya 100 orang dari 194 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Ada 100 orang yang datang, 97 orang adalah DPT, tuga orangnya adalah DPK (Daftar Pemilih Khusus)," kata Purwoyo.

Adapun dia menjelaskan, porses pemungutan suara sudah dibukan dari pukul 07.00 WIB sampai ditutup pukul 13.00 WIB. Namun hingga pemungutan suara ditutup, warga yang menggunakan hak suaranya tak kunjung bertambah.

Dia menjelaskan, faktor yang membuat rendahnya pastisipasi pemilih ini lantaran banyak warga yang merasa sudah menggunakan hak suaranya pada Rabu 17 April 2019 kemarin.

Warga Tetap Antusias Ikut Pemungutan Suara Lanjutan di TPS 166 Bekasi

“Pertama yang pemilu 17 karena mereka benar-benar konsen dan dari luar kota pada ke Bekasi, sebagian besar kan udah kembali ke daerahnya masing-masing. Yang kedua DPD ini kan bagi mereka nggak begitu kenal orangnya sehingga kalah dengan yang waktu presiden, tapi ya cukup diapresiasi yang datang 100 orang dari 195 dpt itu,” kata Purwoyo.

Sementara itu, hal yang sama juga terjadi di TPS 242 Kelurahan Kaliabang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara, dari 295 DPT yang ada di TPS tersebut, hanya 74 orang yang hadir menggunakan hak suaranya di pemungutan suara lanjutan.

"Hanya 74 orang yang hadir jam 1 siang pas kita tutup pemunguta suara, bukanya sama jam 7 pagi kita mulai," kata anggota KPPS 242 Suwarno.

Dia menambahkan, pada Rabu 17 April 2019, 260 orang hadir menggunakan hak suaranya, termasuk dengan pemilih khusus (DPK). Jumlah ini tentu berbanding jauh dengan pemungutan suara lanjutan yang tidak smapai setengah dari DPT yang hadir.

"Beda karena ini cuma DPRD Provinsi doang kali, kita udah sosialisasi sebelumnya, tapi warga mungkin ada yang kebetulan lembur kerja, atau ada yang punya kegiatan lain," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved