Hari Kartini

Peringati Hari Kartini, Operator Pompa Bensin di Kelapa Gading Pakai Baju Adat

Ketika melayani pengendara yang hendak mengisi ulang bahan bakar, mereka tampil cantik dengan pakaian adat yang dikenal dengan nama Limpapeu Rumah.

Peringati Hari Kartini, Operator Pompa Bensin di Kelapa Gading Pakai Baju Adat
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Pekerja wanita di SPBU Jalan Boulevard Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara mengenakan pakaian adat, Senin (22/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KELAPA GADING - Sejumlah pekerja wanita yang bertugas sebagai operator pompa bensin di SPBU Jalan Boulevard Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara hari ini tampil beda.

Alih-alih mengenakan seragam berwarna merah khas pekerja pom bensin, para pekerja wanita ini mengenakan pakaian adat Minangkabau bernuansa hijau campur emas.

Ketika melayani pengendara yang hendak mengisi ulang bahan bakar, mereka tampil cantik dengan pakaian adat yang dikenal dengan nama Limpapeu Rumah Nan Gadang itu.

Melengkapi terusan yang mereka pakai di badan, penutup kepala berbentuk atap rumah Minangkabau dengan dua tanduk juga terlihat serasi.

Penampilan para pekerja wanita dengan pakaian adat tersebut ternyata merupakan cara tersendiri bagi PT Pertamina MOR III dalam memperingati Hari Kartini, yang jatuh kemarin, Minggu (21/4/2019).

Hari Kartini, Anies Pamer Sederet Perempuan Berdaya di Jakarta dan Cerita Siti Sang Pemandi Mayat

"Kita memberikan apresiasi ya kepada para wanita, bertepatan dengan kemarin Hari Kartini," kata General Manager Pertamina MOR III, Joko Pitoyo di lokasi, Senin (22/4/2019).

Dalam peringatan Hari Kartini ini, Joko berharap wanita Indonesia dapat semakin sadar bahwa kesempatan bagi para wanita untuk berkarir di mana saja sudah terbuka lebar.

Joko pun berharap para wanita juga bisa meneladani perjuangan R. A. Kartini, terutama dalam hal emansipasi.

"Semoga perjuangan Kartini bisa membuka wawasan para wanita bahwa wanita hingga hari ini bisa berkarir di mana saja dan pada profesi apa saja," ucap dia.

Tak hanya para pekerja wanita, para pekerja pria di SPBU tersebut juga tampil beda.

Pengemudi Taksi Online Cantik Ini Merasakan Perjuangan RA Kartini Soal Emansipasi Wanita

Mereka hari ini tampak serasi mengenakan batik sebagai atasan dan celana bahan hitam sebagai bawahan.

Salah seorang pengendara yang mengisi bahan bakar di SPBU tersebut, Vivi mengapresiasi adanya kegiatan ini.

"Bagus dong kegiatan ini. Seperti Kartini di masa sekarang ya, mereka berjuang dan bekerja untuk diri sendiri dan keluarga," katanya.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved