Salah Input Hasil Suara di Kecamatan Bojongsari, KPU Kota Depok Sampaikan Permohonan Maaf

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok Nana Sobarna mengakui ada kesalahan memasukan data hasil C1 di TPS 30 pada sistem penghitungan di Web KPU

Salah Input Hasil Suara di Kecamatan Bojongsari, KPU Kota Depok Sampaikan Permohonan Maaf
TribunJakarta/Dwi Putra Kesuma
Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna ketika dijumpai TribunJakarta.com di kantornya, Sabtu (20/4/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, BOJONGSARI - Terjadi kesalahan input hasil suara Pemilu 2019 di TPS 30 yang berada di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

Ketua KPPS TPS 30 Edi Salim menuturkan, hasil penghitungan surat suara Presiden menunjukan Capres nomor urut 02 mendapat 148 suara, dan Capres nomor urut 01 mendapat 63 suara.

Namun, hasil suara tersebut berbeda ketika dimasukan dalam sistem penghitungan (situng) suara yang ada pada web https://pemilu2019.kpu.go.id.

Di dalam web tersebut, hasil suara TPS 30 Kelurahan Bojongsari justru menunjukan kemenangan Capres nomor urut 01 dengan 211 suara, dan Capres nomor urut 02 hanya memperoleh tiga suara.

"Hasil total yang memilih 01 dan 02 totalnya 211 dan suara tidak sah tiga. Itu yang diinput ke Situng hasil semua suara untuk Capres nomor urut 01, dan tiga surat suara yang tidak sah dimasuka keperolehan suara Capres nomor urut 02," ujar Edi dijumpai di kediamannya di Kawasan Bojongsari, Kota Depok, Senin (22/4/2019).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok Nana Sobarna mengakui ada kesalahan memasukan data hasil C1 di TPS 30 pada sistem penghitungan di Web KPU.

Andre Taulany Datangi Polda Metro Usai Postingan Istri Jadi Viral: Klarifikasi dan Akun Erin Diretas

Makan Sepuasnya di Hotel Bintang 4 Ini Cukup Bayar Rp 150 Ribu

Ceres Negros Tak Gentar Hadapi Tekanan The Jakmania di SUGBK

Atas nama KPU Kota Depok, ia pun menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, atas kesalahan tersebut.

Menurut Nana, kesalahan tersebut murni karena human error dan tidak ada sama sekali unsur kesengajaan, yang berimbas pada integritas KPU Kota Depok.

"Terkait kesalahan input data pada Situng, kami (KPU Depok) telah mengambil langkah dan memperbaikinya, ini murni human error," kata Nana dikonfirmasi.

Terakhir, ia mengapresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah berperan untuk mengawal Pemilu 2019 di Kota Depok.

Penulis: Dwi putra kesuma
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved