Viral Video Mobil Boks Berstiker KPU Bawa C1, KPU Jaktim: Tuduhannya Sangat Jauh

KPU Jakarta Timur membantah mobil boks milik Digital Printing digunakan untuk memanipulasi surat suara Pemilu 2019.

Viral Video Mobil Boks Berstiker KPU Bawa C1, KPU Jaktim: Tuduhannya Sangat Jauh
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Ruko digital printing yang viral di media sosial karena disebut membawa formulir C1 PPWP di Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (22/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - KPU Jakarta Timur membantah mobil boks milik Digital Printing digunakan untuk memanipulasi surat suara Pemilu 2019.

Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana membenarkan terdapat stiker KPU di mobil boks yang terparkir depan ruko Digital Printing, Jalan Raya Condet berada tak jauh dari GOR Balai Rakyat tempat rekapitulasi Kecamatan Kramat Jati digelar.

Namun seperti penuturan pegawai Digital Printing, mobil digunakan mengirim Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipesan sejumlah KPU tingkat kota dan kabupaten bagi peserta Pemilu 2019.

"Faktanya Digital Print itu banyak menerima order dari KPU, dari Lampung, Konawe, dan lainnya. KPU Jakarta Timur pun pernah. Memang di sana mobilnya sengaja ditempel stiker KPU untuk keamanan," kata Wage di Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (22/4/2019).

Perihal pernyataan seseorang dalam video yang tiba di lokasi pada Minggu (21/4/2019) sekira pukul 01.00 WIB, bahwa sopir melarikan diri, Wage membantah hal tersebut.

Merujuk penuturan pegawai Digital Printing, dia menjelaskan bahwa sang sopir pergi pulang kampung sejak Selasa (16/4/2019) atau sebelum hari pencoblosan berlangsung.

"Sopir itu bukan melarikan diri, sopir itu kerjanya di sana. Pas hari H dia pulang ke Lampung Utara, makannya saat digerebek sopirnya enggak ada. Tuduhannya sangat jauh, istilahnya jauh panggang dari api," ujarnya.

Meski dalam video tak menyebut nama KPU Jakarta Timur, Wage menuturkan viralnya video di media sosial mencoreng nama baik KPU Jakarta Timur sebagai penyelenggara Pemilu 2019.

Dia belum memastikan apakah KPU Jakarta Timur bakal menempuh langkah hukum atas tuduhan pria yang menunujukan wajahnya di video berdurasi 38 detik.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved