Banyak Kabel Jadi Penghambat Penyelesaian Masalah Banjir di Kolong Tol JORR Kalimalang

Menurutnya, jika pekerjaan dilakukan dengan menggunakan alat berat, dikhawatirkan akan merusak utilitas yang ada di bawah jalan tersebut

Banyak Kabel Jadi Penghambat Penyelesaian Masalah Banjir di Kolong Tol JORR Kalimalang
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Genangan air yang terjadi di Jalan KH Noer Ali tepatnya di bawah kolong tol JORR Bekasi, (30/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi Yudianto mengatakan, banyaknya utilitas atau kabel di bawah jalan jadi kendala penyelesaian banjir di kolong tol JORR Kalimalang.

Yudianto menjelaskan pihaknya sejauh ini tengah melakukan pengerjaan perbaikan saluran air di kolong tol JORR Kalimalang. Namun pengerjaan kata dia membutuhkan waktu lama lantaran harus menggunakan cara manual.

"Tidak bisa menggunakan alat berat karena banyak utilitas di dalam jalan, otomatis kita hanya mengandalkan cara manual," kata Yudianto saat dikonfimasi, Kamis (25/4/2019).

Menurutnya, jika pekerjaan dilakukan dengan menggunakan alat berat, dikhawatirkan akan merusak utilitas yang ada di bawah jalan tersebut. Adapun utilitas itu berupa kabel milik PLN, Telkom, hingga pipa milik PDAM.

"Pengerjaan galian saluran air saat ini menggunakan cangkul, karena kalau pakai alat berat khawatirnya kena kabel atau pipa PDAM," jelas dia.

Jasad Bocah yang Diduga Hanyut di Kali Ciliwung Ditemukan Dekat Pulau Untung Jawa

Rekapitulasi Suara di Kecamatan Koja Sudah 55 Persen

Sandiaga Uno Setuju Pemilu Mendatang Gunakan Sistem e-Voting

Adapun untuk penyelesaian masalah banjir di kolong tol JORR Kalimalang yakni dengan cara melakukan pelebaran saluran air di bawah jalan sepanjang 30 meter. Hal ini dilakukan lantaran saluran air yang ada tidak dapat menampung debit air yang mengalir ketika hujan turun.

"Progresnya baru 30 persen, makanya kemarin masih banjir ketika hujan turun karena belum terkoneksi saluran air yang baru," jelas dia.

Jalan KH. Noer Ali Kalimalang tepatnya di kolong Tol JORR merupakan salah satu titik rawan banjir tiap hujan deras melanda. Banjir menyebabkan sejumlah kendaraan mogok hingga menggangu arus lalu lintas di jalur penghubung Jakarta dan Bekasi tersebut.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved