Rencana Relokasi Terminal Induk Bekasi ke Wilayah Jatiasih Tunggu Penyerahan Aset Lahan

"Penyerahan aset itu ada tahapannya proses administrasi, kordinasi dengan Kementerian Keuangan," jelas dia.

Rencana Relokasi Terminal Induk Bekasi ke Wilayah Jatiasih Tunggu Penyerahan Aset Lahan
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Terminal Induk Kota Bekasi di Jalan Ir Juanda Bekasi Timur. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Rencana pemerintah pusat untuk merelokasi Terminal Induk Bekasi yang saat ini berada di Jalan Ir Juanda, Margahayu, Kecamatan Bekasi Selatan, ke wilayah Kelurahan Jatiwarna, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi segera terwujud.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono, sejuah ini pihaknya masih menunggu proses penyerahan aset lahan seluas 5 hektar dari Pemeritah Kota Bekasi yang akan bangun terminal induk baru tipe A.

"Saat ini masih proses penyerahan aset, kita belum bisa bangun kalau aset lahan itu belum diserahkan ke pemerintah pusat," kata Bambang kepada TribunJakarta.com, Kamis (25/4/2019).

Bambang menambahkan, sampai saat ini proses administasi penyerahan aset masih berlangsung, dia menargetkan tahun ini proses tersebut dapat rampung. Selanjutnya, pembangunan fisik baru akan dimulai pada 2020 mendatang.

Terminal Kampung Rambutan Lakukan Penataan Jelang Mudik Lebaran dan Libur Panjang

"Penyerahan aset itu ada tahapannya proses administrasi, kordinasi dengan Kementerian Keuangan," jelas dia.

Adapun untuk mempercepat proses relokasi ini, sembari menunggu penyelesaian penyerahan aset, master plan pembangunan terminal tipe A di Jatiasih ini juga sedang disusun.

"Kita ingin 2020 sudah bisa jalan, begitu penyerahan aset selsai master plan juga selesai dan bisa langsung dieksekusi," jelas dia.

Bambang menegaskan, terminal baru ini akan menjadi simpul layanan transportasi di wilayah Jabodetabek, keberadaanya juga akan menunjang Terminal Pulo Gebang.

Terminal Induk Bekasi Bakal di Relokasi ke Jatiasih

Adapun untuk Terminal Induk Bekasi yang sudah ada tidak lagi representatif untuk layanan masyarakat. Serta keberadaannya juga dinilai tidak begitu stategis lantaran berada di tengah kota.

"Nanti terminal baru ini akan menjadi simpul wilayah timur Jabodetabek selain Terminal Pulo Gebang, sehingga saling sinergi untuk memudahkan transportasi," ujarnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved