Pemilu 2019

2 TPS di Jakarta Pusat Gelar Pemungutan Suara Ulang, KPU Kota Sebut Ada Upaya Pelanggaran

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Pusat Imam Hidayat mengatakan, ada upaya mobilisasi melakukan pelanggaran pemilu dalam pemungutan suara

2 TPS di Jakarta Pusat Gelar Pemungutan Suara Ulang, KPU Kota Sebut Ada Upaya Pelanggaran
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Ilustrasi pemungutan suara lanjutan di TPS 166 Aren Jaya Kota Bekasi, Minggu (21/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Pusat Imam Hidayat mengatakan, ada upaya mobilisasi melakukan pelanggaran pemilu dalam pemungutan suara pada 17 April 2019 lalu.

Pasalnya ada dua tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta Pusat yang harus menggelar pemungutan suara ulang (PSU) lantaran adanya sejumlah orang yang tidak berhak mencoblos namun menggunakan hak suaranya.

"Ini kegiatan yang bisa saja dimobilisasi seolah akhirnya KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) tertekan. Tentu hal seperti ini bisa saja terjadi," ucapnya, Jumat (26/4/2019).

Dikatakan Imam, kejadian seperti ini seringkali terjadi di setiap pemilu dan ia mengaku, pihaknya sudah berusaha mengingatkan kepada para anggota KPPS untuk selalu menegakan peraturan yang berlaku.

"Mereka berkeliling, disini enggak bisa masuk, disana enggak bisa masuk, kemudian ketemu TPS yang kebetulan lemah," ujarnya saat dihubungi TribunJakarta.com.

"Tapi kembali kepada SDM dan tentu saja mereka (anggota KPPS) lelah, capai yang mengakibatkan kontrolnya berkurang," tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada dua TPS di wilayah Jakarta Pusat yang harus menggelar PSU.

Kedua TPS tersebut ialah TPS 02 di Kelurahan Pasar Baru, Sawah Besar dan TPS 69 di Kelurahan Sumur Batu, Kemayoran.

Kedua TPS tersebut harus menggelar PSU lantaran ada sejumlah orang yang mencoblos menggunakan e-ktp tidak pada domisilinya dan tidak memiliki form A5.

Menurut rencana, PSU akan dilaksanakan pada Sabtu (27/4/2019) besok.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved