Jokowi Yakin Ibu Kota Pindah, Sandiaga Singgung Referendum, Wapres JK Sebut New York dan Washington

Langkah Presiden Jokowi memutuskan ibu kota Indonesia dipindahkan ke luar pulau Jawa memantik banyak orang bersuara. Apa kata Sandiaga, Wapres JK?

Jokowi Yakin Ibu Kota Pindah, Sandiaga Singgung Referendum, Wapres JK Sebut New York dan Washington
Tribunnews
Banjir bundaran HI tahun 2013 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan ibu kota Indonesia dipindahkan ke luar pulau Jawa memantik banyak orang bersuara.

Dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, calon wakil presiden 02 Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, BPN Prabowo-Sandi, hingga pakar hukum tata negara.

Dalam rapat terbatas terkait pemindahan ibu kota negara di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/4/2019), Presiden Jokowi serius.

Sehari kemudian, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah saat ini masih terus mengkaji wilayah yang layak untuk menjadi ibu kota baru.

Saat ditanya di mana daerah yang paling potensial, Jokowi menyebut tiga pulau yang dilansir Kompas.com dalam artikel: Ditanya Lokasi Ibu Kota Baru, Jokowi Sebut Tiga Pulau Ini.

"Bisa di Sumatera tapi kok nanti yang timur jauh. Di Sulawesi agak tengah tapi di barat juga kurang. Di Kalimantan, kok di tengah tengah," kata Presiden Jokowi selepas meninjau pabrik di Tangerang, Selasa (30/4/2019). 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ditanya Lokasi Ibu Kota Baru, Jokowi Sebut Tiga Pulau Ini", https://nasional.kompas.com/read/2019/04/30/14461731/ditanya-lokasi-ibu-kota-baru-jokowi-sebut-tiga-pulau-ini.
Penulis : Ihsanuddin
Editor : Diamanty Meiliana

Jakarta terbebani dua hal

Rencana pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta didasarkan pada pertimbangan kemampuan Jakarta dalam memikul "beban" sebagai pusat pemerintahan sekaligus pusat bisnis.

"Apakah di masa mendatang, DKI Jakarta sebagai ibu kota negara mampu memikul dua beban sekaligus, yaitu sebagai pusat pemerintahan serta pelayanan publik sekaligus pusat bisnis," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Senin (29/4/2019), membahas isu pemindahan Ibu Kota.

Halaman
1234
Editor: Y Gustaman
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved