May Day, 4 Ribu Buruh Kabupaten Bekasi Diprediksi Bakal Bergerak ke Jakarta

Polres Metro Bekasi memprediksi sebanyak 4.000 buruh akan bergerak dari Kabupaten Bekasi menuju Jakarta saat May Day.

May Day, 4 Ribu Buruh Kabupaten Bekasi Diprediksi Bakal Bergerak ke Jakarta
Grafis Tribun Jakarta / Kompas.com - Kristian Erdianto
Poster salah satu peserta dari Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif untuk Demokrasi (Sindikasi) saat memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day pada Selasa (1/5/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIKARANG - Polres Metro Bekasi memprediksi sebanyak 4.000 buruh akan bergerak dari Kabupaten Bekasi menuju Jakarta saat perayaan hari buruh internasional atau May Day yang jatuh pada, Rabu (1/5/2019) besok.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Candra Sukma Kumara mengatakan, dari data yang masuk ke pihaknya, 4.000 buruh itu berasal dari sejumlah serikat pekerja yang ada di perusahaan di kawasan industri di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Dari serikat pekerja SPMI, FPBI, SPSI, GSPPMII, KASBI, GSPB. mereka akan berkumpul di beberapa titik diantaranya, yaitu di MM2100, OMah Buruh Ejip, dan beberapa kawasan industri," kata Candra.

Rencananya, 4.000 buruh itu akan bergerak dari masing-masing kawasan industri dengan menggunakan kendaraan roda empat dan bus.

Tidak menutup kemungkinan juga sejumlah buruh akan bergerak ke Jakarta menggunakan kendataan roda dua.

"Dari yang sudah melapor ke kita itu mereka akan menggunakan 86 bus, 10 kendaraan roda empat, dan 5 kendaraan sound sistem," paparnya.

Candra juga akan memastikan setiap buruh yang akan melakukan perjalanan ke Jakarta untuk merayakan hari buruh akan dikawal personil kepolisian hingga ke perbatasan.

"Kita juga melakukan pengamanan di 7 kawasan industri di Kabupaten Bekasi, lalu di gate pintu tol itu kita amankan juga, lalu kegiatan-kegiatan mereka di pabrik juga kita amankan dan kegiatan di Central Park ini. Kurang lebih ada 21 tempat yang kita amankan," paparnya.

Candra mengimbau, agar buruh sebaiknya memperingati hari buruh internasional di wilayah Kabupaten Bekasi tidak perlu bergerak ke Jakarta.

Kegiatan May Day di Bekasi, Ada Doorprize Motor Hingga Mobil untuk Buruh

Sandiaga Uno Tidak Bisa Dampingi Prabowo Saat Peringatan Hari Buruh

Sebab, kegiatan hari buruh di wilayah Kabupaten Bekasi nantinya akan dipusatkan di Central Park Lippo Cikarang.

Di sana, kata Candra, terdapat kegiatan hiburan musik, hingga doorprize berupa sepeda motor dan mobil.

"Panggung hiburan ada macem-macem trio macam, ada suca, ada DJ juga kita buat semeriah mungkin se fun mungkin. ini buruh harus kita fasilitasi ini, karena Bekasi kawasan industri terbesar se-asia tenggara, berharap May Day itu hari-hari menyenangkan," ungkap Candra.

Selain itu kata Candra, pihaknya menyediakan layanan pengobatan gratis, serta layanan kepolisian seperti perpanjangan Surat izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan pelayanan surat-surat kependudukan dari Pemkab Bekasi.

"Doorprizenya ada 1 unit mobil, 5 unit motor, kita persilahlan sodara-sodara kita dari buruh untuk datang ke Central Park ajak keluarga anak-anaknya karena di sana juga ada wahana anak," kata Candra.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved