Hari Buruh Internasional

Polisi Bakal tindak Tegas Jika Terjadi Aksi Sweeping Saat May Day

Candra juga akan memastikan setiap buruh yang akan melakukan perjalanan ke Jakarta untuk merayakan hari buruh akan dikawal personil kepolisian.

Polisi Bakal tindak Tegas Jika Terjadi Aksi Sweeping Saat May Day
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Candra Sukma Kumara (tengah). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIKARANG - Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Candra Sukma Kumara peringatkan buruh di Kabupaten Bekasi untuk tidak melakukan aksi sweeping atau razia saat peringati hari buruh internasional atau may day, Rabu (1/5/2019) besok.

Candra menjelaskan, meski peringatan hari buruh internasional sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional, dia tidak memungkiri ada sejumlah perusahaan yang tetap menawarkan kerja lembur untuk para pegawainya yang menginginkan.

"Terkait masuk di hari may day itu kebijakan perusahaan masing-masing, tentu harus sudah kordinasi dengan serikat pekerjanya. Ya mungkin mereka ambil lembur hari itu mau lembur ya silahkan tapi kami sarankan untuk libur dan sama-sama datang ke Central Park Lippo Cikarang (perayaan hari buruh)," kata Candra.

Untuk itu kata dia, jika ada oknum buruh yang melakukan aksi sweeping atau razia penyisiran rekan buruh yang memilih mengambil lembur di hari may day dan memaksa ikut turun ke jalan berdemonstrasi sangat tidak dibenarkan.

May Day, 4 Ribu Buruh Kabupaten Bekasi Diprediksi Bakal Bergerak ke Jakarta

Candra jug memastikan akan langsung melakukan tindakan tegas kepada oknum buruh yang melakukan hal itu.

"Ini tidak dibenarkan dan kita akan tegas betul, tidak ada sweeping kerena ini may day hari bahagia tidak ada pemaksaan-pemaksaan seperti itu, saya akan tindak tegas," katanya.

Candra juga akan memastikan setiap buruh yang akan melakukan perjalanan ke Jakarta untuk merayakan hari buruh akan dikawal personil kepolisian hingga ke perbatasan.

"Kami juga melakukan pengamanan di 7 kawasan industri di Kabupaten Bekasi, lalu di gate pintu tol itu kita amankan juga, lalu kegiatan-kegiatan mereka di pabrik juga kita amankan dan kegiatan di Central Park ini. Kurang lebih ada 21 tempat yang kita amankan," paparnya.

Namun demikian, Kapolres menghimbau, agar buruh sebaiknya memperingati hari buru internasional di wilayah Kabupaten Bekasi tidak perlu bergerak ke Jakarta.

Sebab, kegiatan hari buruh di wilayah Kabupaten Bekasi nantinya akan dipustakan di Central Park Lippo Cikarang. Di sana kata Candra, terdapat kegiatan hiburan musik, hingga doorprize berupa sepeda motor dan mobil.

Kegiatan May Day di Bekasi, Ada Doorprize Motor Hingga Mobil untuk Buruh

"Panggung hiburan ada macem-macem trio macam, ada suca, ada DJ juga kita buat semeriah mungkin se fun mungkin. ini buruh harus kita fasilitasi ini, karena Bekasi kawasan industri terbesar se-asia tenggara, berharap May Day itu hari-hari menyenangkan," ungkap Candra.

Selain itu kata Candra, pihaknya menyediakan layanan pengobatan gratis, serta layanan kepolisian seperti perpanjangan Surat izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan pelayanan surat-surat kependudukan dari Pemkab Bekasi.

"Doorprizenya ada 1 unit mobil, 5 unit motor, kita persilahlan sodara-sodara kita dari buruh untuk datang ke Central Park ajak keluarga anak-anaknya karena di sana juga ada wahana anak," kata Candra.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved