Jabodetabek Banjir

Warga Korban Banjir Kramat Jati Banyak Terjangkit Ispa, Penyakit Kulit, dan Pegal-pegal

Menurutnya penyakit yang harus diwaspadai saat musibah banjir yakni Leptospirosis (penyakit akibat kencing tikus), diare, dan penyakit kulit.

Warga Korban Banjir Kramat Jati Banyak Terjangkit Ispa, Penyakit Kulit, dan Pegal-pegal
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Warga RW 05 Kelurahan Balekambang saat mendatangi pos pelayanan kesehatan di Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Warga korban banjir luapan Sungai Ciliwung di Kecamatan Kramat Jati yang terdiri dari tiga Kelurahan Balekambang, Cililitan, dan Cawang mulai mengeluhkan kondisi kesehatannya usai kembali dari pengungsian.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Inda Mutiara mengatakan penyakit yang paling banyak diderita warga korban banjir luapan Ciliwung yakni Ispa, penyakit kulit, dan pegal-pegal.

"Penyakit yang paling banyak diderita warga itu Ispa, Dermatitis (kulit) dan myalgia (pegal-pegal). Ini data dari laporan kunjungan selama posko pengungsian banjir kemarin," kata Inda di Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2019).

Meski hingga kini pihaknya masih mendata jumlah warga yang terjangkit penyakit, Inda menuturkan stok obat di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati masih cukup.

Selain pengobatan, pihaknya juga disibukan mengimbau warga yang kini pontang-panting membersihkan timbunan lumpur bercampur sampah agar menjaga kebersihan.

Menurutnya penyakit yang harus diwaspadai saat musibah banjir yakni Leptospirosis (penyakit akibat kencing tikus), diare, dan penyakit kulit.

4 Kelurahan Terdampak Banjir di Jakarta Timur Dapat Bantuan Logistik Makanan 

"Obat kami masih sangat banyak stoknya. Baik untuk stok obat harian di Puskesmas maupun untuk bankes lapangan di posko-posko banjir," ujarnya.

Di Kelurahan Balekambang, pos pelayanan kesehatan dibuka di rumah Ketua RW 05, sementara di Cililitan pos kesehatan dibuka di lapangan Kantor Kelurahan.

Selain pos kesehatan, Inda menjamin Puskesmas di masing-masing Kelurahan masih siap melayani warga korban banjir yang terserang sejumlah penyakit.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved