Jabodetabek Banjir

Banjir Susulan Kali Sunter Hantui Ribuan Warga Cipinang Melayu, Ini Cara Mereka Mengantisipasinya

Saat banyak warga Jakarta membersihkan lumpur akibat luapan air Sungai Ciliwung, Jumat (26/4/2019), nasib berbeda dialami warga Cipinang Melayu.

Banjir Susulan Kali Sunter Hantui Ribuan Warga Cipinang Melayu, Ini Cara Mereka Mengantisipasinya
TribunJakarta.com/Bima Putra
Tali tambang dipasang warga RT 04 untuk memudahkan proses evakuasi di Makasar, Jakarta Timur, Rabu (1/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Saat banyak warga Jakarta membersihkan lumpur akibat luapan air Sungai Ciliwung, Jumat (26/4/2019), nasib berbeda dialami warga Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Hingga Rabu (1/5/2019) siang ini Kali Sunter yang membentang di permukiman mereka masih meluap dan dikhawatirkan bakal kembali 'mengamuk' bila hujan deras kembali mengguyur.

Ketua RT 04, Nugroho Hasibuan, mengatakan warga masih siaga terhadap banjir susulan karena wilayah RW 04 merupakan langganan banjir selama puluhan tahun.

"Masih siaga juga, takutnya hujan lagi. Soalnya sampai dini hari semalam itu air dari Kali Cikeas dan Kali Cisadane masih datang. Sampai jam dua pagi air masih terus naik," kata Nugroho kepada TribunJakarta.com.

Nugroho menuturkan wilayahnya paling parah terdampak banjir karena berdekatan dengan kali dan permukaan tanahnya rendah.

Personel PPSU Kelurahan Cipinang Melayu saat membantu warga membersihkan timbunan lumpur di Makasar, Jakarta Timur, Rabu (1/5/2019).
Personel PPSU Kelurahan Cipinang Melayu saat membantu warga membersihkan timbunan lumpur di Makasar, Jakarta Timur, Rabu (1/5/2019). (TribunJakarta.com/Bima Putra)

Di wilayah RW 04, dia menyebut RT 01, RT 02, RT 03, RT 04, RT 05, dan sebagian wilayah RT 07 merupakan wilayah yang terdampak banjir luapan Kali Sunter.

"RT saya ini banjirnya paling parah, jadi kalau air naik yang pertama kebanjiran ya warga saya. Semalam ada empat jiwa yang mengungsi, ketinggian air semalam 1,5 meter," ujarnya.

Dia memperkirakan ada sekitar 1.200 jiwa warga RW 04 korban banjir luapan Kali Sunter yang hingga siang ini masih kebanjiran dengan tinggi air berkisar 50 sentimeter.

Tak hanya karena air, warga masih siaga karena jumlah bayi, balita, dan lansia di wilayah RW 04 termasuk banyak sehingga proses evakuasi bukan perkara mudah bila banjir kian memburuk.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved