Jabodetabek Banjir

Diterjang Arus Deras, Beronjong di Kali Sunter Amblas

Sebelum amblas, Nugroho menyebut beronjong yang dipasang oleh Sudin SDA (Sumber Daya Air) Jakarta Timur.

Diterjang Arus Deras, Beronjong di Kali Sunter Amblas
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Derasnya arus Kali Sunter di Makasar, Jakarta Timur Rabu (1/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Upaya Pemkot Jakarta Timur mencegah dan mengurangi banjir di permukiman warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar dengan membuat tanggul dan beronjong tak sepenuhnya berhasil.

Sejumlah bagian beronjong yang baru dipasang beberapa bulan lalu kini amblas karena tak kuat menahan arus luapan Kali Sunter yang merupakan hilir dari Kali Cikeas dan Kali Cisadane.

"Belum lama ini beronjongnya amblas, mungkin amblas karena enggak kuat nahan arus Kali Sunter. Ada dua bagian lah yang amblas, tapi enggak parah banget," kata Ketua RT 04 Nugroho Hasibuan di Jakarta Timur, Rabu (1/5/2019).

Sebelum amblas, Nugroho menyebut beronjong yang dipasang oleh Sudin SDA (Sumber Daya Air) Jakarta Timur rencananya sempat ingin dibuat jadi tanggul permanen.

Namun rencana tersebut gagal karena terjadi pergantian posisi di jajaran Sudin SDA Jakarta Timur sehingga pejabat baru perlu waktu untuk merencanakan kegiatan.

"Katanya ada pejabat yang diganti, tapi saya enggak tahu siapa. Kalau dari warga sudah lama mengajukan biar dibuat jadi tanggul permanen. Beronjong ini juga pemasangannya belum merata di sepanjang kali," ujarnya.

Meski berharap pembuatan tanggul permanen lekas dilakukan, menurutnya Pemkot Jakarta Timur lebih baik melakukan normalisasi Kali Sunter lebih dulu.

Pasalnya sudah lama Kali Sunter tak dikeruk secara menyeluruh sehingga terjadi pendangkalan yang mempengaruhi kapasitas daya tampung air.

Beronjong Kali Sunter yang amblas di Makasar, Jakarta Timur, Rabu (1/5/2019). 
Beronjong Kali Sunter yang amblas di Makasar, Jakarta Timur, Rabu (1/5/2019).  (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

"Maunya sih dikeruk dulu ya, kalau dikeruk kan kali jadi makin dalam. Kalau dibuat tanggul dulu nanti tanggulnya pasti hancur kena alat berat kan. Apalagi Kali Sunter ini sekarang dangkal," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved