May Day, KSPI Arahkan 50 Ribu Buruh Langsung ke Istora

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan bahwa tak ada titik kumpul di wilayah-wilayah lain. Pertemuan para peserta May Day akan berlangsung di Istora

May Day, KSPI Arahkan 50 Ribu Buruh Langsung ke Istora
KOMPAS.com/DEAN PAHREVI
Ilustrasi Ratusan Buruh FSPMI dan KSPI longmarch bertolak ke Jakarta dukung Prabowo sebagai Capres, Kamis (9/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan memperingati perayaan May Day atau Hari Buruh dengan kegiatan rapat akbar yang digelar di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat.

Dengan begitu, Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan bahwa tak ada titik kumpul di wilayah-wilayah lain. Pertemuan para peserta May Day akan berlangsung di Istora Senayan.

"Tidak ada titik kumpul di Patung Kuda Indosat, maupun longmarch ke Istana negara. Seluruh peserta aksi May Day dari KSPI langsung menuju Tennis Indoor Senayan," tegas Said Iqbal saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (1/5/2019).

Tema yang diangkat dalam peringatan May Day tahun ini adalah 'Kesejahteraan Buruh dan Demokrasi Jujur Damai'. Tema kedua dipilih, lantaran peringatan May Day saat ini juga bertepatan dengan pesta demokrasi 2019.

May Day 2019, Ini Sederet Ucapan Hari Buruh dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Peringati May Day Polisi Tetapkan Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta, Simak Rutenya

1.278 Personil Gabungan Diterjunkan Kawal May Day dari Cikarang ke Jakarta Besok

May Day, 4 Ribu Buruh Kabupaten Bekasi Diprediksi Bakal Bergerak ke Jakarta

Ada sejumlah isu yang akan dibahas. Mulai dari penolakan upah murah dengan meminta dicabutnya PP No. 78 tahun 2015 tentang Pengupahan dan dinaikkannya Kebutuhan Hidup Layak (KHL) menjadi 84 item, Penghapusan Outsourcing dan Pemagangan yang Berkedok Outsourcing.

Ditingkatkannya Manfaat Jaminan Kesehatan dan Jaminan Pensiun, Diturunkannya Tarif Dasar Listrik dan harga Sembako, serta Ditiingkatkannya Kesejahteraan dan Pendapatan Guru dan Tenaga Honorer serta Pengemudi Ojek Online (Ojol).

"Demi tegakkan demokrasi yang jujur dan damai, KSPI (juga) menyerukan kepada kaum buruh untuk ikut serta mengawal form C1 di KPU wilayah masing-masing," ungkapnya.

Sebagai informasi, peringatan May Day kali ini diperkirakan akan diikuti oleh 50 ribu buruh dari Jabodetabek, Purwakarta, Serang, dan Cilegon.

Selain itu, para buruh lainnya juga melakukan aksi May Day di berbagai daerah industri di Indonesia. Seperti Bandung, Semarang, Jepara, Jogjakarta, Gresik, Surabaya, Bogor, Tangerang, Cianjur, Sukabumi, Bekasi, Aceh, Medan, Makassar, Palu, Banjarmasin, Samarinda Maluku, Lombok, dan Papua.

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, juga diagendakan bakal hadir dalam peringatan May Day di Istora Senayan hari ini.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved