Akhir Tahun Ini Kartu KIR Akan Diganti Menjadi Smart Card

Yang akan dipasang di kaca bagian depan. Barcode ini nantinya akan bisa dipindai melalui QR Code yang tersedia di Playstore.

TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Pulogadung, Fatchuri. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Akhir Tahun ini buku KIR akan diganti menjadi Smart Card atau Kartu Pintar dalam Pengujian Kendaraan Bermotor.

Kepala Suku Bagian Tata Usaha Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Pulogadung, Fatchuri mengatakan saat ini pihaknya sudah melakukan uji coba dan berhasil.

"Kami sudah melakukan uji coba smart card di Kementerian Perhubungan dan itu berhasil. Saat ini kita sedang menunggu perjanjian kerjasama antar pihak Dinas Perhubungan DKI Jakarta dengan pihak ketiga . Nanti secepatnya kita launching setelah ada perjanjian itu," ujarnya.

Target Pendapatan Uji KIR Pemerintah Kota Depok Naik jadi Rp 3 Miliar

Sesuai dengan Pasal 152 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Bahwa setiap kendaraan yang telah melakukan pengujian kendaraan berhak mendapatkan bukti kir. Yakni berupa kartu uji, tanda uji dan Tanda Samping Kendaraan Bermotor.

Namun, sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.2922/AJ.402/DRJD/2017 tanggal 8 Mei 2018 tentang Pedoman Teknis Bukti Lulus Uji Berkala Kendaraan Bermotor; seluruh bukti KIR dirubah menjadi Kartu Pintar. 

Untuk itu rencananya akhir tahun ini, KIR akan di ganti smard card yang nantinya akan dilengkapi dengan barcode.

Stiker yang biasa ditempel di body kendaraan nantinya akan diganti menjadi stiker yang dilengkapi barcode.

Yang akan dipasang di kaca bagian depan. Barcode ini nantinya akan bisa dipindai melalui QR Code yang tersedia di Playstore.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved