Jabodetabek Banjir

Anies Bandingkan Pengungsi Banjir Kemarin Lebih Sedikit Dibanding Masa Ahok, Ini Tanggapan DPRD DKI

"Tipe ketiga banjir yang disebabkan oleh kiriman dan lokal, lalu tipe keempat banjir itu adalah kiriman, kemudian juga banjir lokal dan ROB," katanya.

Anies Bandingkan Pengungsi Banjir Kemarin Lebih Sedikit Dibanding Masa Ahok, Ini Tanggapan DPRD DKI
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Ketua Fraksi PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta menanggapi soal pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait dengan jumlah pengungsi akibat bajir yang terjadi tahun ini.

Anies menyebut, bahwa jumlah pengungsi banjir tahun ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan era kepemimpinan Gubernur Basuki Tjhaja Purnama atau Ahok.

"Harus membandingkan apple to apple dalam konteks ini. Tahun 2015 itu adalah banjir yang emang terjadi tipe empat, banjir lokal iya, banjir kiriman iya, ROB nya juga," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono saat dihubungi, Kamis (2/5/2019).

Gembong menjabarkan, musibah banjir tak hanya disebabkan oleh air kiriman saja.

Melainkan juga terbagi dalam empat tipe yang berbeda.

Anies Blak-blakan Puji Ahok BTP Tangani Banjir, Sang Staf Angkat Bicara

Pada tipe pertama, merupakan banjir yang disebabkan oleh air luapan atau kiriman yang datang dari hulu sungai, yakni Bogor, Jawa Barat. Sementara untuk banjir tipe kedua, lanjut Gembong disebabkan oleh hujan lokal yang terjadi di suatu wilayah.

"Tipe ketiga banjir yang disebabkan oleh kiriman dan lokal, lalu tipe keempat banjir itu adalah kiriman, kemudian juga banjir lokal dan ROB," kata Gembong.

Ia pun menyebut bahwa banjir yang terjadi tahun ini merupakan banjir yang hanya disebabkan oleh air kiriman saja.

"Kalau dibandingkan tipe pertama yang (banjir) kiriman tok, dibandingkan dengan banjir lokal, kiriman dan ROB, kan gak ketemu juga (perbandingannya) Jadi harus membandingkan apple to appple," paparnya.

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved