BNN Amankan 60 Bungkus Teh Cina Berisi Sabu

Badan Narkotika Nasional (BNN) dibantu Bea Cukai mengamankan 122,15 kilogram sabu dari sembilan tersangka tiga kasus berbeda yang dicokok di Sumatera

BNN Amankan 60 Bungkus Teh Cina Berisi Sabu
TribunJakarta/Bima Putra
Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko saat menunjukkan barang bukti di Kantor BNN Cawang, Jakarta Timur, Kamis (2/5/2019). TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Badan Narkotika Nasional (BNN) dibantu Bea Cukai mengamankan 122,15 kilogram sabu dari sembilan tersangka tiga kasus berbeda yang dicokok di wilayah Sumatera selama bulan April lalu.

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko mengatakan dari tersangka AWI, WAN, dan AK jajarannya mengamankan 60 kilogram sabu yang dikemas dalam 60 kemasan teh cina berwarna hijau.

Puluhan kilogram hendak dikirim ke Medan sesuai intruksi dari AA namun diperjalanan mereka diamankan personel BNN yang langsung melakukan penggeledahan di lokasi.

"Menemukan 15 bungkus kemasan teh cina berisi sabu yang disimpan di dalam tas yang diletakkan di bawah kursi bagian tengah dan 45 bungkus di bawah dashboard mobil," kata Heru di kantor BNN Cawang, Jakarta Timur, Kamis (2/5/2019).

Para tersangka diganjar Pasal 114 Juncto Pasal 132 ayat (1) Subsider Pasal 112 Juncto Pasal 132 ayat (1) Undang Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal pidana mati.

BNN Sesalkan Ibrahim Hongkong Tak Divonis Hukuman Mati

BNNK dan Pemkot Jakarta Utara Rekrut Relawan Anti Narkoba

Kerjasama dengan Pemkot Jakarta Utara, BNNK Bina Mantan Pengguna Narkoba

BNN Bongkar Penyelundupan Ekstasi ke Dalam Bungkus Kopi, Oleh Sipir Lapas Krobokan Bali

Dari tersangka MAN, FIR, dan P, personel BNN dibantu Bea Cukai mengamankan sabu seberat 52,15 kilogram di wilayah perairan Riau saat mereka hendak bertransaksi.

Heru menuturkan FIR sempat berhasil melarikan diri menaiki speed boat saat penangkapan, namun setelah berkoordinasi dengan Bea Cukai tersangka diamankan di Bandara Hang Nadim Batam.

"FIR mengaku dirinya membawa sabu 52,15 Kg dari Bengkalis. Dari keterangannya, FIR juga menyebutkan bahwa dirinya diperintahkan oleh seorang pria berinisial P, yang akhirnya bisa ditangkap," ujarnya.

Terakhir, dari tersangka U, RH, dan YUN diamankan sabu dengan berat sekitar 10 kilogram yang dikemas kemasan teh cina berlapis lakban dan dimasukkan dalam tumpukan karung berisi getah karet.

Namun seorang berinisial J yang menurut keterangan tiga tersangka memerintahkan mereka membawa sabu menggunakan Truk Mitsubshi Fuso kini buron.

"Mendapat perintah dari seorang berinisial J yang saat ini masih dalam pencarian untuk membawa truk Mitsubshi Fuso yang berisi barang bukti narkotika tersebut dari Dumai ke Kisaran," tuturnya.

Para tersangka kini di ancam Pasal 114 ayat (2) Juncto Pasal 132 ayat (1) Subsider Pasal 112 ayat (2) Juncto Pasal 132 ayat (1) Undang Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Penulis: Bima Putra
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved