Pemilu 2019

VIDEO Sandiaga Uno Menyebut Sistem IT KPU Bermasalah Sampai ke Hal Dasar

Sistem online penyampaian dana kampanye tidak bekerja baik sehingga pasangan capres cawapres 02 harus mengurusnya secara manual.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNKAKARTA.COM, TANGERANG - Cawapres 02, Sandiaga Uno, menyebut sistem teknologi informasi atau information technology (IT) KPU bermasalah.

Sandiaga menyebut hal itu karena salah satu alasannya terkait sistem aplikasi penyampaian dana kampanye yang tidak maksimal.

Sistem online penyampaian dana kampanye tidak bekerja baik sehingga pasangan capres cawapres 02 harus mengurusnya secara manual.

Baginya, pelaporan dana kampanye adalah hal yang mendasar.

Plat Mobil Putra SBY B 2024 AHY Curi Perhatian Temui Jokowi di Istana, hingga Komentar Sandiaga

"Tapi bagi saya, yang saya lihat saja, sistem aplikasi dana kampanye saja sudah tidak bisa digunakan secara optimal. Ini yang paling basic menurut saya. Dana kampanye yang kota ingin ada transparansi akuntabilitas, akhirnya kita lakukan secara manual," ujar Sandiaga selepas menyampaikan orasi ilmiah di acara wisuda Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), di ICE BSD, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Kamis (2/5/2019).

Selain sistem online pelaporan dana kampanye, Sandiaga juga menyoroti banyaknya pelaporan kecurangan yang disebutnya sudah mencapai belasan ribu laporan.

"Saya rasa ada masalah di sistem dan IT dan ini semua harus kita bantu, harus kita awasi. Apa lagi kita belum bicara laporan kecurangan, yang sekarang sudah masuk dari 01 maupun 02 jumlahnya sudah belasan ribu," jelasnya.

Soal kecurangan, Sandiaga menyinggung kubu 01 yang juga mengakui penyimpanan-penyimpangan di pesta demokrasi kali ini.

"Tapi kalau melihat laporan ini, Presiden juga sudah mengakui sekarang 01 sudah mengakui, ada kecurangan yang masif, ya harus kita lakukan tentunya tindak lanjut," ujarnya.

Ia mengajak masyarakat untuk mengawal KPU dalam menjalankan tahapan-tahapan Pemilu yang sedang berlangsung pada tahap rekapitulasi.

"Jadi ini harus kita kawal agar proses pemilu ini bisa harus kita yakini proses pemilu ini sudah jujur adil," kata Sandiaga Uno.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved