Ramadan 2019

Jelang Ramadan Harga Pangan Meroket, Wali Kota Tangerang Klaim Stok Aman Sampai Lebaran

Bahkan, ia memastikan stok aman hingga Lebaram 2019 itu tidak hanya di Kota Tangerang saja namun, sampai ke Jakarta bagian Barat.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Harga bahan pangan di Kota Tangerang alami pelonjakan menjelang bulan suci Ramadan 1440 H.

Namun, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah memastikan stok bahan pangan di Kota Tangerang aman hingga Lebaran 2019 walau ada pelonjakan harga.

"Sejauh ini (stok) aman. Jadi masyarakat engga perlu resah menyambut Ramadan. kebutuhan insha Allah akan ter-supply dengan baik di Kota Tangerang, jadi engga ada barang yang hilang," jelas Arief di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Jumat (3/5/2019).

Bahkan, ia memastikan stok aman hingga Lebaram 2019 itu tidak hanya di Kota Tangerang saja namun, sampai ke Jakarta bagian Barat.

Sebab, kota seribu industri tersebut memiliki pasar induk yang mendistribusikan pahan pangan hingga Provinsi Banten, sebagian Jakarta dan seluruh pasar di Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Sidak Harga Komoditas Menjelang Ramadan

"Karena Kota Tangerang itu kita punya Pasar Induk yang supply dari Banten sampai ke Jakarta bagian Barat itu dari kita. Jadi sebenarnya kita engga kekurangan supply. cuma mungkin dari sananya sudah mulai naik, makanya harga berubah," terang Arief.

Untuk mencegah adanya pedagang yang nakal, lanjutnya, Pemerintahan Kota Tangerang telah bekerja sama dengan Bulog untuk melaksanakan operasi pasar.

Operasi pasar tersebut untuk menekan harga jual tanpa harus mengurangi kualitas barang tersebut seperti, daging sapi beku.

"Kalau ada yang nakal jual daging sapi sampai Rp 300 ribu per kilo ya biarin saja, toh kita ada operasi pasar dengan Bulog yang menyediakan daging sapi beku kualitas terbaik dengan harga Rp 75 ribu. Kan ibu-ibu otomatis mau belinya yang lebih murah kan," papar Arief.

Menurutnya, untuk harga komoditas yang naik seperti bawang putih hingga mencapai Rp 55 ribu per kilogram, telur ayam Rp 26 ribu per kilogram, daging sapi Rp 120 ribu Per kilogram dan lainnya.

Dari data yang didapatkan, berikut daftar harga komoditas di Pasar Anyar, Kota Tangerang menjelang Ramadhan 1440 H.

1. Beras Rp 11 ribu per kilogram.
2. Gula pasir lokal Rp 12 ribu per kilogram.
3. Daging sapi Rp 120 ribu per kilogram.
4. Telur ayam kampung Rp 2.200 per butir.
5. Cabai merah biasa Rp 38 ribu per kilogram.
6. Cabai merah keriting Rp 28 ribu per kilogram.
7. Cabai rawit hijau Rp 32 ribu per kilogram.
8. Bawang merah Rp 38 ribu per kilogram.
9. Bawang putih Rp 50 ribu per kilogram.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved