Revitalisasi Kalimalang Bekasi Diprediksi Molor

"Penataan Kalimalang dimulai setelah pembangunan overpass di simpang BCP di tahun 2019 ini," kata Tri.

Revitalisasi Kalimalang Bekasi Diprediksi Molor
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Kalimalang dekat Kampus Unisma Bekasi 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Rencana Revitalisasi Kalimalang di Kota Bekasi yang dicanangkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, diprediksi molor dari rencana pembangunan yang dijadwalkan awal 2019 ini.

Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto saat dijumpai desela-sela peresmian angkot online di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi, Jumat (3/5/2019).

Tri menjelaskan, revitalisasi Kalimalang belum dapat dilaksanakan lantaran harus menunggu pembangunan lanjutan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) di sepanjang jalur Kalimalang.

Terlebih, progres Tol Becakayu saat ini sudah mendekati simpang BCP, dimana ketika telah sampai di titik tersebut, Pemkot Bekasi sedang mengajukan pembangunan overpass agar lalu lintas persimpangan tidak terganggu ketika adanya proyek jalan tol tersebut.

"Penataan Kalimalang dimulai setelah pembangunan overpass di simpang BCP di tahun 2019 ini," kata Tri.

Dia menambahkan, pembanguna overpass saat ini menjadi prioritas. Pemkot Bekasi mengusulkan pembangunan kepada PT. Kresna Kusuma Dyandra Marga (PT. KKDM) selaku pelaksana proyek Tol Becakayu.

Banyak Kabel Jadi Penghambat Penyelesaian Masalah Banjir di Kolong Tol JORR Kalimalang

"Karena overpass ini kebutuhan untuk proyek lanjutan Becakayu, ketika sudah di simpang BCP, kendaraan dari Bekasi menuju Jakarta akan dialihkan overpass, karena jalan yang sekarang ada nanti akan dibangun tiang pancang untuk proyek tol," jelas dia.

Pembangunan overpass ini akan menghubungkan Jalan Mayor M Hasibuan dan Jalan KH Noer Ali Kalimalang, jika biasanya kendaraan dari arah Bekasi menuju Jakarta harus melalui simpang BCP, ketika sudah ada overpass, kendaraan akan langsung naik jalur atas dan turun di jalan depan Metropolitan Mal.

"Karena mereka (PT. KKDM) itu target September atau Oktober 2019 itu sudah selesai overpass itu. Setelah itu baru kita mulai penataan (Kalimalang)," jelas Tri.

Sebelumnya, proyek revitalisasi Kalimalang pertama kali ramai diwacanakan Gubemrur Jawa Barat Ridwan Kamil. Melalui beberapa postingan di akun instagramnya, pria yang akrab Kang Emil ini berjanji akan merubah wajah Kalimalang seperti Sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan.

Revitalisasi rencananya akan dilakukan ke dalam empat titik zona yang seluruhnya sepanjang lima kilometer. Empat zona tersebut yakni, edukatif, ekologi, selebrasi, dan komersil.

Adapun untuk zona selebrasi rencananya akan di bangun di Kalimalang di dekat Giant Mega Bekasi Hypermall, zona ini kabarnya akan dikerjakan oleh pemerintah pusat.

Mobil Terguling di Kalimalang, Sopir Masih Pelajar dan Tak Punya SIM

Sedangkan zona kedua yakni edukatif, zona ini akan dibangun di titik kalimalang tepatnya dekat Kampus Unisma Bekasi yang kabarnya akan dibebankan ke Pemerintah Provinsi.

Sedangkan untuk Zona Ekologi kabarnya akan dibangun di titik Kalimalang dekat Pintu Tol Bekasi Timur. Sedangkan untuk zona komersil khabarnya akan dibangun di sekitar kawasan bisnis Hotel Horison atau Metropolitan Mal.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved